Satu Orang Karyawan Tewas Akibat Ledakan di Smelter PT GNI Morut

Tungku smelter di PT GNI Morowali Utara meledak. (dok. istimewa) Tungku smelter di PT GNI Morowali Utara meledak. (dok. istimewa)

Morowali Utara: Tungku smelter PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah, mengalami ledakan pada Kamis, 28 September 2023. Peristiwa ini menyebabkan seorang karyawan berinisial SH, 21, yang bekerja sebagai operator ekskavator di PT NRP Kontraktor di PT GNI meninggal dunia.

“Berhamburan semua lari. Nanti sekitar 10 menit baru para karyawan dan safety melakukan pemadaman menggunakan Apar dan melakukan pencarian operator (korban). Sayangnya, korban sudah tak bernyawa saat ditemukan” kata Kapolres Morut AKBP Imam Wijayanto, dikutip dari Sulteng Terkini, Sabtu, 30 September 2023.

Imam menjelaskan kejadian bermula saat korban sedang mengambil slag dari tungku 7 smelter 1 dalam kondisi panas. Saat korban mencoba mendinginkan slag dengan air, tiba-tiba meledak. Korban mencoba melompat dari ekskavator namun tubuhnya yang berada di kolam mengalami luka bakar. Saat ditemukan korban sudah dalam kondisi tidak bernyawa.

“Jadi saat korban ditemukan itu kondisi kaca pecah dan pintu kabin sudah terbuka. Dugaan kami korban ini berusaha keluar dan meloncat saat terjadi letupan dan jatuh di kolam slag,” ungkapnya.

Hingga saat ini penyelidikan masih terus dilakukan oleh Polres Morut terkait ledakan di salah satu perusahaan smelter di kawasan tambang Nikel tersebut.



(SUR)

Berita Lainnya