Harga Cabai Rawit di Pasar Sentral Pangkajene Naik 2 Kali Lipat

Jelang Ramadan harga kebutuhan pokok naik. Foto: Medcom.id/Dok. Metro TV Jelang Ramadan harga kebutuhan pokok naik. Foto: Medcom.id/Dok. Metro TV

Pangkep: Jelang Ramadan, harga cabai di Pasar Sentral Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, naik. Salah satunya adalah cabai rawit yang kini tembus Rp60.000.

Sebelumnya, harga cabai rawit dijual Rp30.000 per kilogram. Hal yang sama juga terjadi pada cabai keriting dan cabai besar. Dari kisaran Rp35.000 per kilogram, saat ini menjadi Rp50.000 per kilogram.

Harga komoditi lainnya yang ikut naik adalah tomat dan bawang. Kini, harga tomat naik Rp5.000 menjadi Rp30.000 per kilogram. Sedangkan, harga bawang putih dan bawang merah mencapai Rp40.000 per kilogram.

Menurut pengakuan sejumlah pedagang, kenaikan beberapa bahan pokok ini terjadi setelah pasokan bahan dibatasi oleh pemasok dengan cara menaikkan harga. Biasanya, para pedagang memesan setiap bahan hingga 30 kilogram, namun kali ini yang datang hanya 15 kilogram. Kenaikan harga juga disebabkan karena langkanya bahan BBM jenis solar.

“Kalau pas hari biasa itu harga masih murah, cabai Rp25.000 saja. Tapi sekarang sedang naik sudah cukup lama, jadi pembeli juga ikut berkurang,” ujar Akbar, salah pedagang di Pasar Sentral Pangkajene, dilansir dari Medcom.id, Selasa, 22 Maret 2022.



(UWA)

Berita Lainnya