Dosa Terdahulu Diampuni dengan Salat Tepat Waktu

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Salat bukan hanya rutinitas ibadah yang dikerjakan lima waktu dalam sehari. Selain mendatangkan pahala, salat yang dikerjakan tepat waktu merupakan amalan yang utama. 

Ya, salat di awal waktu membuat Allah cinta pada umat-Nya. Tapi sayang, hanya sedikit orang yang mau melaksanakan hal itu.

Salat dapat menjadi bukti ketaatan seorang Muslim dalam menjalankan perintah Allah SWT. Adapun hadis tentang kewajiban salat, yakni hadis dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim:

"Allah SWT pada malam Isra' mewajibkan atas umatku lima puluh salat, kemudian aku terus-menerus kembali kepada Allah dan memohon keringanan sehingga Allah menjadikannya lima salat dalam sehari semalam," (HR Bukhari dan Muslim)

Selain dicintai oleh Allah, terdapat manfaat lain yang bisa dirasakan jika melaksanakan salat tepat waktu. Apa saja itu?

1. Diampuni segala dosa-dosa

Manusia merupakan tempatnya dosa. Namun dosa-dosa yang dimiliki akan berguguran seiring melaksanakan salat tepat waktu.

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya seorang hamba yang Muslim, jika menunaikan salat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya," (HR Ahmad)

2. Disiplin waktu

Sebagian orang memiliki kebiasaan terlambat dalam menunaikan salat. Padahal dengan membiasakan diri untuk selalu salat tepat waktu, maka akan menumbuhkan sikap disiplin dalam diri kita.

Terdapat banyak halangan dalam menunaikan salat secara tepat waktu, misalnya masih di jalan atau dikalahkan oleh rasa lapar. Bila sudah tahu penyebabnya, kita harus dapat memanajemen waktu dan kegiatan.

Contohnya dengan memundurkan jam kepulangan kita, salat di tengah perjalanan, atau memajukan jam kepulangan sehingga dapat salat tepat waktu.

Dengan begitu, sikap disiplin akan terbentuk dan menyebar pada kegiatan lain. Bagaimana kita bisa disiplin dalam kegiatan berat, bila hal seringan salat saja malas dilakukan?

3. Mengutamakan Allah

Menunda-nunda salat karena alasan duniawi, sama saja kita menomorduakan Allah. Dengan selalu melakukan salat tepat waktu, maka Allah akan menjadi prioritas utama dalam kehidupan kita. Insyaallah doa kita senantiasa didengar oleh Allah jika kita memprioritaskan-Nya.

Itulah manfaat mengerjakan salat tepat waktu. Hal itu akan berpengaruh banyak pada kegiatan kita, tidak hanya salat. Semoga bermanfaat.



(RAI)

Berita Lainnya