Lima Makanan Pencegah Kantuk untuk Temani Perjalanan Mudik

Jeruk bisa atasi kantuk. Foto: Pixabay Jeruk bisa atasi kantuk. Foto: Pixabay

Mudik adalah salah satu tradisi jelang Hari Raya Idulfitri. Mudik biasanya dilakukan oleh para pekerja di tanah rantau yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman.

Mudik bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Mudik dengan menggunakan transportasi pribadi umumnya memang terasa menyenangkan, tetapi kamu harus tetap berhati-hati jika kantuk datang menyerang.

Saat kondisi mata terasa begitu berat dan konsentrasi perlahan-lahan semakin berkurang, kamu bisa mencoba untuk istirahat sejenak agar tak membahayakan perjalananmu dan pengguna jalan lainnya.

Selain istirahat yang cukup, kamu juga bisa mencoba beberapa makanan yang tak hanya lezat, tetapi juga dapat menghilangkan kantuk sekaligus menjaga stamina saat perjalanan jauh atau mudik.

Melansir dari Medcom, berikut adalah lima makanan yang cocok dijadikan teman perjalanan mudik agar badan tetap segar dan bersinergi.

1. Cokelat hitam (Dark Chocolate)

Saat kantuk menyerang, dark chocolate dapat menjadi camilan tepat untuk mengusir rasa lelah dan kantuk. Dark chocolate mengandung kafein yang berguna untuk meningkatkan kadar endorphin di dalam tubuh.

Asupan endorphin berguna untuk mendorong energi sehingga tubuh tak mudah lelah dan mengantuk. Selain itu, kakao dalam dark chocolate juga kaya akan kandungan phenylethylamine yang akan meningkatkan fokus serta meredakan stres akibat perjalanan jauh.

2. Telur

Telur mengandung vitamin B, yaitu cholin yang berfungsi melancarkan sistem metabolisme serta dapat membantu memaksimalkan fungsi saraf pusat sehingga otak akan tetap fokus selama mengemudi. Selain itu, kandungan dalam telur juga dapat menghalau rasa lelah dan kantuk saat perjalanan.

3. Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu makanan terbaik untuk menghilangkan kantuk sekaligus menghilangkan lapar. Hal itu karena kacang-kacangan mengandung vitamin B, protein, dan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan energi tubuh selama perjalanan jauh. Tidak hanya itu, karbohidrat kompleks juga sangat baik dikonsumsi agar badan tak mudah lapar dan lemas saat mudik.

4. Jeruk

Buah yang satu ini memang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C, selain berfungsi memperkuat imunitas tubuh, vitamin C dalam jeruk juga berfungsi membangkitkan energi serta mempertajam fokus saat mengemudi. Bahkan, mencium aroma jeruk yang segar saja dapat menghilangkan rasa kantuk akibat kelelahan.

5. Semangka

Semangka mempunyai banyak kandungan cairan di dalamnya. Semangka memiliki kadar air sebanyak 90%, dan juga padat vitamin, nutrisi, mineral, dan antioksidan.

Tubuh biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi saat mengantuk. Oleh karena itu, mengonsumsi semangka sangat cocok untuk dijadikan camilan saat kamu sedang berkendara karena semangka bisa menyegarkan tubuh dan mengatasi kantuk.

Itulah informasi mengenai lima makanan yang bisa atasi kantuk di perjalanan saat mudik. Cobalah untuk tetap berhati-hati dalam berkendara dan utamakan keselamatan selama perjalanan. Selamat mudik!



(SUR)