Yuk Intip 100 Tempat Terindah di Dunia, 8 Di antaranya dari Asia Tenggara

Worlds greatest places 2021 siem reap cambodia Sumber: Time Worlds greatest places 2021 siem reap cambodia Sumber: Time

Apakareba: Belum lama ini, majalah kenamaan Amerika Serikat TIME telah merilis 100 tempat terindah di dunia untuk 2021 versi mereka. Walaupun di tengah kondisi pandemi, selama satu setengah tahun terakhir ini terjadi banyak hal yang telah mengubah dunia, termasuk beberapa tempat ini.

Dari 100 tempat tersebut, ternyata 8 di antaranya  terdapat di Asia Tenggara lho. Penasaran di mana saja negara dan tempat yang dinobatkan menjadi tempat terindah tersebut?

Dilansir dari TIME, berikut rangkuman tempat terindah 2021 versi majalah TIME yang ada di Asia Tenggara:

1. Bangkok (Perpetual Motion)

 embed
Sumber: TIME/ Pemandangan eksterior Hotel Four Seasons Bangkok

Bangkok selalu dikenal dengan hiruk pikuknya. Tidak lama lagi Ibu Kota Thailand ini juga akan memiliki terminal kereta api terbesar di Asia Tenggara.

Dua hotel mewah juga telah dibuka di tepi sungai Bangkok, Capella Bangkok yang menyenangkan dari Andy Miller dan Richard Scott Wilson (kontributir TIME), di mana setiap kamar memiliki pemandangan sungai, dan Hotel Four Seasons Bangkok di Sungai Chao Phraya, yang menawarkan teras terbuka, kolam renang, dan ruang pameran seni.

 

2. Filipina Siargo (Surf’s up)
 embed
Sumber: TIME/ Pemandangan pemandangan pantai Siargo

Meskipun destinasi seperti Boracay, Cebu, dan Palawan menjadi yang popular di sana, namun pulau berbentuk titik air mata di lepas pantai Mindanao hingga saat ini paling dikenal oleh sekelompok peselancar yang terpikat oleh ombaknya yang menantang.

Namun rahasia peselancar tersebut terbongkar, dan tempat-tempat baru bermunculan di pulau itu, termasuk Inara Siargao Resort di tepi pantai, sebuah properti lima suite yang intim.


3. Vietnam Hanoi (Renewed life in the Old Quarter)
 embed
Sumber: TIME/Potret Street Food di Hanoi.
 
Ibu kota Vietnam, Hanoi yang telah berusia 1.000 tahun merangkul perubahan sambil mempertahankan rasa identitas mereka yang kuat.

 

4. Thailand (Taman Nasional Khao Yai)
 embed
Sumber: TIME/ Seekor gajah di Taman Nasional Khao Yai, Thailand, pada 22 November 2019.

Keajaiban alam paling berharga dari Thailand mendapat manfaat dari jeda dalam pariwisata internasional dan domestik akibat adanya pandemi covid-19.

Penjaga hutan di Taman Nasional Khao Yai menyebut hutan luas dan padang rumput yang dialiri oleh aliran sungai dan air terjun yang spektakuler telah melaporkan peningkatan penampakan satwa liar selama pandemi.


5. Kamboja (Siem Reap)
 embed
Sumber: TIME/Angkor Wat, tamasya umum bagi pengunjung ke Siem Reap, Kamboja.

'Kota kuil' Siem Reap di tepi sungai yang rimbun di Angkor Wat yang megah berada di tengah-tengah metamorfosis sebagai bagian dari rencana modernisasi besar.

Kembalinya satwa liar berang-berang bermain-main di parit, owa berayun di puncak pohon berkat upaya otoritas setempat  untuk reintroduksi (usaha memasukkan suatu jenis hewan atau tumbuhan ke dalam satu habitat yang baru) terpadu di Taman Arkeologi Angkor.


6. Malaysia (Pantai Desaru)
 embed
Sumber: TIME/ Pantai Desaru di Malaysia

Ada yang mengatakan "Jika Anda membangunnya, mereka akan datang" hal tersebut terbukti benar tentang Pantai Desaru, sebuah kawasan resor baru yang ambisius di daerah Johor.

Membentang lebih dari 3.900 hektare di sepanjang bentangan real estate tepi pantai sepanjang 17 km, daerah ini menawarkan beberapa lubang baut mewah yang paling didambakan di Malaysia. Pada tahun 2020, One&Only Desaru Coast, properti pertama merek tersebut di Asia, memulai debutnya sebagai tempat perlindungan tropis yang spektakuler dengan spa dan lapangan golf.

 

7. Singapura (Superlative city-state)
 embed
Sumber: TIME/ Hotel Dusit Thani Laguna Singapore di halaman Laguna National Golf & Country Club.


Majalah TIME tidak lupa memasukan Singapura sebagai salah satu tempat terindah di 2021. Sudah menjadi hal yang wajar jika Singapura sering menempati urutan teratas sebagai salah satu kota terhijau, teraman, dan paling beragam secara etnis di dunia, di antara kota lainnya.

8. Vietnam (Phu Quoc)
 embed
Sumber: TIME/ Resor New Wold Phu Quoc di Vietnam.

Dikenal sebagai ‘permata Vietnam’, resor dan pulau nelayan berbentuk tetesan air mata ini telah menjadi salah satu tujuan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Pada tahun 2019, Phu Quoc menarik 5 juta pengunjung, meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya. Ini diharapkan dibuka kembali untuk pelancong internasional yang divaksinasi pada musim gugur, dan terus menarik wisatawan dengan masa tinggal bebas visa hingga 30 hari.


Itulah daftar 8 tempat terindah dalam 2021 yang berada di Asia Tenggara. Untuk diketahui dalam menyusun daftar di atas, TIME meminta nominasi tempat termasuk negara, wilayah, kota besar, dan kota kecil melalui jaringan koresponden dan kontributor internasional mereka, dengan tujuan menawarkan pengalaman baru dan menarik.



(NAI)