Minum Soda Saat Buka Puasa Bisa Bikin Sembelit? Ini Faktanya!

Ilustrasi minuman bersoda. Foto: Pexels. Ilustrasi minuman bersoda. Foto: Pexels.

Apakareba: Orang Indonesia termasuk gemar minum soda. Membayangkan soda dingin sebagai minuman berbuka puasa pasti terasa nikmat. Tapi ada yang bilang meminumnya ketika berbuka puasa bisa bikin sembelit. Benar enggak sih?

Seperti dilansir dari inibaru.id, sembelit alias susah buang air besar memang jadi salah satu masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di bulan puasa. Ada sejumlah alasan yang memicu hal ini. Mulai dari kurangnya asupan cairan dalam tubuh hingga pola makan kurang serat menjadi penyebab paling umum.

Soda juga disebut dapat menyebabkan sembelit. Saat berbuka puasa, perut sedang dalam kondisi kosong selama belasan jam tanpa asupan makanan apapun.

Baca juga: Menag: Takbir Keliling Dilarang, Takbir di Masjid Boleh

Kalau kamu minum minuman bersoda, maka kandungan gelembung karbondioksida di dalamnya akan membuat saluran pencernaanmu dipenuhi udara. Alhasil, saluran pencernaan akan kaget dan memicu masalah kesehatan.

Saat meminum soda dalam kondisi perut kosong, kamu akan merasakan sensasi panas pada dada dan perut. Kamu juga akan merasa mulut menjadi asam, sering bersendawa, dan sakit perut.

Kita mengenal kondisi ini sebagai naiknya asam lambung (gerd). Jika sampai hal ini terjadi, kamu akan mengalami sensasi mual. Padahal, saat berbuka kamu seharusnya makan demi menghilangkan rasa lapar usai enggak makan seharian. Pasti rasanya enggak karuan, kan.

Soda Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan Jika Dikonsumsi Berlebihan

Enggak hanya menyebabkan kenaikan asam lambung, soda juga bisa membuat kadar gula darah meningkat drastis. Kalau kamu sering mengalami hal ini, risikonya bisa menyebabkan diabetes, loh.

Selain itu, sering mengonsumsi minuman bersoda juga bisa membuat gigi menjadi rapuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam sitrat di dalamnya yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang bisa membuat enamel gigi rapuh dan membuat gigi cepat berlubang.

Baca juga: 6 Tips Puasa Aman bagi Penderita Asam Lambung

Melihat fakta ini, ada baiknya memang kita enggak minum minuman bersoda saat berbuka puasa. Akan jauh lebih baik jika kita meminum air putih.

Selain lebih sehat, air putih juga efektif menggantikan cairan dalam tubuh.  Cobalah untuk berhenti mengonsumsi minuman bersoda demi kesehatan. Kalau memang sulit, coba deh membatasi konsumsinya sekaleng saja seminggu.

Minum soda di bulan puasa memang enggak serta merta bikin kamu mengalami sembelit. Pola makan dan caramu memenuhi asupan air putih selama bulan puasalah yang harus diperhatikan agar enggak sampai mengalaminya ya.



(CIA)

Berita Lainnya