Indonesia Alami Gelombang Panas, BMKG: Itu Hoaks!

Ilustrasi gelombang panas. (Foto AFP) Ilustrasi gelombang panas. (Foto AFP)

Apakareba:  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan kabar tentang gelombang panas yang sedang terjadi di Indonesia adalah hoaks. Pelaksana tugas Deputi Bidang Klimatologi, Urip Haryoko, mengatakan cuaca terik bukan berarti gelombang panas.
 
"Berita yang beredar ini tentu tidak tepat dan tidak benar atau hoaks, karena kondisi suhu panas dan terik saat ini tidak bisa dikatakan sebagai gelombang panas," kata Urip dilansir dari Medcom.id, Minggu, 17 Oktober 2021
 
Dalam hoaks yang beredar menyebutkan saat ini cuaca sangat panas. Suhu pada siang hari bisa mencapai 40 derajat celcius, dianjurkan untuk menghindari minum es atau air dingin.

Urip menerangkan gelombang panas terjadi pada wilayah yang terletak pada lintang menengah dan tinggi. Sedangkan Indonesia terletak di wilayah ekuator yang secara sistem dinamika cuaca tidak memungkinkan terjadi gelombang panas.
 
Gelombang panas dalam ilmu cuaca dan iklim didefinisikan sebagai periode cuaca (suhu) panas yang tidak biasa. Biasanya berlangsung setidaknya lima hari berturut-turut atau lebih (sesuai batasan Badan Meteorologi Dunia atau WMO) disertai oleh kelembapan udara yang tinggi.

Baca juga: BMKG Peringatkan Hujan Disertai Angin Kencang Melanda Sejumlah Provinsi

Untuk dianggap gelombang panas, suatu lokasi harus mencatat suhu maksimum harian melebihi ambang batas statistik. Misalnya, lima derajat celcius lebih panas dari rata-rata klimatologis suhu maksimum, serta setidaknya telah berlangsung dalam lima hari berturut-turut.
 
"Apabila suhu maksimum tersebut terjadi dalam rentang rata-ratanya dan tidak berlangsung lama maka tidak dikatakan sebagai gelombang panas," jelas Urip.
 
Dia menjelaskan gelombang panas umumnya terjadi berkaitan dengan berkembanganya pola cuaca sistem tekanan atmosfer tinggi di suatu area secara persisten dalam beberapa hari. Dalam sistem tekanan tinggi tersebut, terjadi pergerakan udara dari atmosfer bagian atas menuju permukaan (subsidensi) sehingga termampatkan dan suhunya meningkat.
 
"Suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya," beber Urip.



(NAI)