Iwan Fals Rilis Lagu Kanjuruhan Kenang Tragedi Arema VS Persebaya

wan Fals dan Band saat beraksi di panggung Dome Balikpapan, Jumat 16/9/2022. ANTARA/novi abdi. wan Fals dan Band saat beraksi di panggung Dome Balikpapan, Jumat 16/9/2022. ANTARA/novi abdi.

Musisi Legendaris Iwan Fals resmi merilis lagu berjudul “Kanjuruhan” pada Rabu, 5 Oktober 2022 di platform Youtube. Lagu yang dibuat untuk mengenang kejadian tragis di Stadion Kanjuruhan itu telah ditonton sebanyak 281.364 kali.

Dalam lagunya, Iwan mengungkapkan keprihatinannya terhadap tragedi yang menewaskan 131 orang usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya itu.  Disebutkan tragedi Kanjuruhan mengajarkan tentang kebodohan dan kemunafikan. 

Selain itu, Kanjuruhan juga mengajarkan tentang kebersamaan dan kepedulian manusia. Pada lirik lagu tertuang harapan Iwan  agar peristiwa itu tidak terulang lagi.

Ia juga mendoakan para korban yang meninggal dunia dalam peristiwa itu dapat pergi dengan tenang. Lirik lagu diakhiri dengan "Salam Satu Jiwa untuk prestasi penuh cinta untuk dunia."

Tidak hanya Iwan, seniman asal Jawa Timur, Doddy Hernanto juga meluncurkan karya seni sebagai bentuk kepedulian terhadap peristiwa Kanjuruhan.Doddy membuat seni QR Art bertema "Tragedi Kanjuruhan" sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan.

"QR Art bergambar lambang Arema FC yang dibalut dengan pita hitam serta gambar latar belakang bola ini fungsinya memudahkan masyarakat untuk melihat update berita Kanjuruhan," ujar Doddy, dikutip dari Antara, Kamis, 6 Oktober 2022.

Menurut dia, balutan pita hitam dan gambar lambang Arema FC ini sebagai pesan kemanusiaan, serta pentingnya bersatu menuju prestasi dunia.

BACA: Jokowi Telepon Presiden FIFA Bahas Tragedi Kanjuruhan



(UWA)