Simak 5 Tips Rawat Mesin Mobil Sebelum Mudik

ilustrasi-mesin mobil. Foto: Pexels ilustrasi-mesin mobil. Foto: Pexels
Apakareba: Menyambut hari raya Idul Fitri biasanya masyarakat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Namun, bagi Anda yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, Anda diwajibkan memeriksa dan melakukan perawatan mesin kendaraan Anda.

Melansir Medcom, berikut adalah beberapa tips untuk merawat mesin mobil sebelum berangkat mudik lebaran

1. Panaskan Mesin Kendaraan Setiap Hari

Usahakan untuk menyalakan mesin mobil setiap pagi, atau minimal 2 kali seminggu. Panaskan selama maksimal 5 menit agar komponen mesin selalu terlumasi dan mencegah koros.

2. Mengganti Oli Mesin

Sebelum berangkat, pastikan kondisi oli mesin berada pada volume yang cukup atau penuh agar tidak ada sisa ruang yang dapat menyebabkan embun yang dapat merusak mesin. Oli membantu menjaga bagian-bagian penting mesin tetap terlumasi dengan baik dan menjaga temperatur mesin.

Periksa buku manual mobil kamu untuk melihat interval penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

3. Mengganti Filter Udara

Filter udara mencegah partikel masuk ke mesin yang dapat menyebabkan kerusakan. Filter udara yang bersih membantu menyalurkan udara segar yang dibutuhkan mesin agar terus bekerja seperti yang diharapkan. Menjaga filter udara tetap bersih akan menjauhkan partikel debu tersebut dari mesin mobil.

4. Cek Air Radiator

Fungsi utama radiator ialah menjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Perjalanan jauh dapat membuat mesin mobil rentan panas. Untuk itu perlu pastikan volume air radiator agar mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin.

5. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Memilih bahan bakar yang tepat dan berkualitas merupakan salah satu aspek untuk menjaga performa mesin. Selain itu, pastikan bahan bakar yang Anda isi sesuai dengan tingkat oktan kendaraan anda.



(FPR)