Bachtiar Baharuddin Resmi Jabat Pj Gubernur Sulsel

Mendagri Toto Karnavian, Bahtiar Baharuddin Jabat Pj Gubernur Sulsel, Gantikan Andi Sudirman Sulaiman Mendagri Toto Karnavian, Bahtiar Baharuddin Jabat Pj Gubernur Sulsel, Gantikan Andi Sudirman Sulaiman

Makassar: Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, resmi melantik sembilan penjabat (Pj) gubernur, salah satunya adalah Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bachtiar Baharuddin, menggantikan Andi Sudirman Sulaiman yang telah berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023. Prosesi pelantikan bertempat di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023.

Proses pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian diikuti dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Pemberhentian dengan Hormat Sejumlah Gubernur dan Wakil Gubernur. Lalu, sembilan pejabat tersebut maju ke depan untuk mengucapkan sumpah jabatan yang dibimbing langsung oleh Tito Karnavian.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat negara dan bangsa," ucap Tito Karnavian, Mendagri, dikutip dari Antara News, Selasa, 5 September 2023.

Pelantikan Pj Gubernur tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2018 - 2023. Kemudian Perpres 74/P Tahun 2023 tentang Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2018 - 2023.

Berikut sembilan penjabat gubernur yang dilantik Mendagri Tito Karnavian:

1. Bey T. Machmuddin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat
2. Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah
3. Mayor Jenderal TNI (Purn) Hassanudin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara
4. Irjen Pol. Sang Made Mahendra Jaya sebagai Pj Gubernur Bali
5. Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua
6. Ayodhia Kalake sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur
7. Harrison Azroi sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat
8. Andap Budhi Revianto sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara
9. Bachtiar Baharuddin sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan



(SUR)

Berita Lainnya