Kecelakaan Kapal Mendominasi pada 2023, SAR Kendari: Total 43 Kasus

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari, Muh Arafah (tengah) saat menyampaikan rilis akhir tahun 2023, di atas kapal KM Pacitan Sabtu. (Antara/Andry Denisah) Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari, Muh Arafah (tengah) saat menyampaikan rilis akhir tahun 2023, di atas kapal KM Pacitan Sabtu. (Antara/Andry Denisah)

Kendari: Kecelakaan kapal mendominasi kecelakaan transportasi di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari selama tahun 2023. Puluhan kasus terjadi sepanjang tahun lalu.

“Data kecelakaan di tahun 2023 ini didominasi oleh kecelakaan kapal dengan total 43 kasus,” kata Kepala KPP Basarnas Kendari, Muh Arafah, dikutip dari Antaranews.com, Senin, 1 Januari 2023.

Ia menjelaskan kecelakaan kapal sering terjadi di Kepulauan Buton. Kecelakaan tersebut mencapai 19 kasus dari total 43 yang tercatat.

Meskipun terjadi peningkatan kecelakaan dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencatat 38 kasus, Arafah menyatakan bahwa jumlah kecelakaan secara umum di tahun 2023 tidak mengalami perubahan signifikan.

Menurutnya, korban kecelakaan kapal sebanyak 1.150 orang, dengan 1.103 orang selamat, 35 orang meninggal, dan 12 orang dinyatakan hilang.

Meskipun terjadi peningkatan dalam jumlah kasus, Arafah menekankan bahwa keseluruhan angka kecelakaan tidak mengalami kenaikan atau penurunan secara signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.



(SUR)

Berita Lainnya