Peringatan Sumpah Pemuda, Ini 4 Hal Berfaedah yang Bisa Kamu Lakukan

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober merupakan salah satu tonggak sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Kongres Pemuda di Batavia pada 28 Oktober 1928 melahirkan tiga ikrar, bertanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

Namun, semangat pemuda tak boleh kendur meski Sumpah Pemuda hanya diperingati setahun sekali. Dirangkum dari berbagai sumber, kamu bisa melakukan hal berfaedah untuk menjaga semangat Sumpah Pemuda:

1. Mempelajari budaya di Indonesia

Poin pertama Sumpah Pemuda berbunyi, "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia". Ini sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" yang bermakna "Berbeda-beda, tapi tetap satu".

Kita harus saling menghargai dan menjaga toleransi antara suku, agama, dan kebudayaan. Kesempatan ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari budaya lain dengan cara browsing di internet, menonton video-video perjuangan, dan mengunjungi museum kebudayaan terdekat.

2. Rajin belajar dan berpestasi

Para pemuda zaman dulu punya semangat yang tinggi untuk memajukan Indonesia. Hal itu perlu ikut kita tanam di diri masing-masing. Tak hanya itu, untuk membangun negeri dan bangsa ini pastinya dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul.

Hal yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan rajin belajar dan berprestasi. Berprestasi tidak harus secara akademik, lho. Kita juga bisa berprestasi di bidang non-akademik selama itu bernilai positif. Sebelumnya, kita juga harus mengenali kemampuan yang ada pada diri sendiri. Sehingga, kita bisa berjuang sesuai dengan bidang yang memang dikuasai.

Baca: Viral Spanduk Parkir Gratis Indomaret Bekasi, Netizen Malah Adu Debat Soal Ini

3. Memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar

Hari Sumpah Pemuda menjadi peristiwa yang penting bagi lahirnya bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa pemersatu bangsa. Tak ada salahnya jika kita mahir berbahasa asing. Tetapi, jangan sampai kita lupa dengan bahasa kita sendiri.

Di hari Sumpah Pemuda ini, coba terapkan sekaligus menambah kosakata bahasa Indonesia yang bisa dicari maknanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

4. Menghormati perbedaan

Hari Sumpah Pemuda mengajarkan kita berbagai hal. Salah satunya, mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Coba untuk tidak egois, apalagi merasa ingin menang sendiri. Contohnya, menghormati orang lain yang memiliki pendapat berbeda.

Begitu juga ketika ada teman atau kerabat yang melakukan kesalahan. Rangkul dan cari solusinya bersama-sama, sehingga masalah tersebut bisa diselesaikan tanpa perkelahian.

Itulah empat hal berfaedah yang bisa kamu lakukan di hari Sumpah Pemuda. Sudahkah kamu menerapkannya hari ini?



(RAI)

Berita Lainnya