Selain Megawati, Ini Daftar Dewan Pengarah BRIN yang Jokowi Lantik

Pelantikan Dewan Pengarah BRIN oleh Jokowi/BPMI Setpres/Medcom.id/Theofilius Ifan Pelantikan Dewan Pengarah BRIN oleh Jokowi/BPMI Setpres/Medcom.id/Theofilius Ifan Pelantikan Dewan Pengarah BRIN oleh Jokowi/BPMI Setpres/Medcom.id/Theofilius Ifan Pelantikan Dewan Pengarah BRIN oleh Jokowi/BPMI Setpres/Medcom.id/Theofilius Ifan

Apakareba:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Salah satu tokoh nasional yang dilantik, adalah Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri.
 
Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 2021 terkait Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah BRIN. Keppres ditetapkan Jokowi di Jakarta pada Selasa, 12 Oktober 2021 dan berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Dewan Pengarah BRIN bersumpah menjalankan tugasnya demi darmabakti kepada bangsa dan negara. Mereka juga bersumpah menjalankan tugas jabatan dengan menjunjung tinggi etika jabatan.

“Saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya,” kata seluruh Dewan Pengarah BRIN saat mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta Pusat, dilansir dari Medcom.id, Rabu, 13 Oktober 2021.

Baca juga: Legislator Ajak Masyarakat Awasi Kinerja Pansel KPU dan Bawaslu

Diketahui Presiden Jokowi melebur Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menjadi BRIN. Peleburan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi.
 
Tak hanya itu, Jokowi juga melakukan merger Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) ke BRIN. Pemerintah memberi waktu maksimal dua tahun untuk mengintegrasikan keempat lembaga ini. Dengan adanya integrasi ini, LIPI, BPPT, BATAN, dan LAPAN menjadi Organisasi Pelaksana Litbangjirap (OPL).

Berikut daftar lengkap Dewan Pengarah BRIN yang dilantik Kepala Negara:
1. Ketua: Megawati Soekarno Putri
2. Wakil: Sri Mulyani
3. Wakil: Suharso Monoarfa
4. Sekretaris: Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto
5. Anggota: Emil Salim
6. Anggota: I Gede Wenten
7. Anggota: Bambang Kesowo
8. Anggota: Adi Utarini
9. Anggota: Marsudi Wahyu Kisworo
10. Anggota: Tri Mumpuni.



(NAI)

Berita Lainnya