Lakukan Sebelum Terlambat! Ini Tata Cara Salat Taubat Nasuha

Ilustrasi Sujud/Medcom.id Ilustrasi Sujud/Medcom.id

Apakareba:  Sebagai manusia biasa tentu kita tidak luput dari melakukan kesalahan dan dosa, baik disadari atau tidak disengaja. Maka dari itu Allah SWT meminta umat Islam untuk bertaubat dengan berbagai cara yang diridhoi Allah SWT.

Salah satu cara menebus dosa besar yang telah kita lakukan paling baik dan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW adalah dengan menjalankan salat taubat nasuha. Lantas apa dan bagaimana tata cara salat nasuha itu. Dihimpun dari berbagai sumber berikut informasinya.

Apa itu salat taubat nasuha?

Salat taubat nasuha merupakan salat sunah yang dilakukan dalam rangka memohon pengampunan dari Allah SWT, atas segala dosa maupun kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat.

Ketika sudah menjalankan salat taubat nasuha yang benar, diharapkan seorang Muslim tidak lagi mengulangi kembali perbuatan maksiat atau dosa yang telah diperbuat.

Rangkaian salat taubat nasuha

Pada dasarnya, taubat merupakan perbuatan yang tidak dapat ditunda-tunda. Maka dari itu, jika seorang Muslim sudah berbuat maksiat disarankan untuk segera bertaubat. Salah satunya dengan cara salat taubat nasuha.

Salat taubat merupakan salah satu bentuk salat mutlak yang waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja, baik itu siang maupun malam.

Salat taubat nasuha sebaiknya dikerjakan secara sendirian. Selain itu salat ini juga tidak untuk dikerjakan secara berjamaah.

Berikut ini tata cara salat taubat nasuha:

1. Niat salat
 
Ushalli Sunnatat Taubata Rakataini Lillahi Taala

Artinya: "Saya niat salat sunnah taubat dua rakaat karena Allah."

2. Takbirotul Ihram
3. Membaca doa iftitah (sunnah)
4. Membaca surat Al Fatihah
5. Membaca surat dari Alquran
6. Rukuk (membaca tasbih ruku’ tiga kali)
7. I'tidal (membaca doa i’tidal)
8. Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali)
9. Duduk diantara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...')
10. Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali)
11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.
12. Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir)
13. Salam
14. Berdoa mohon ampunan

Doa-doa setelah salat taubat nasuha

Setelah mengerjakan salat tersebut, dianjurkan untuk memperbanyak baca istighfar yang ditujukan untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Adapun bacaan istighfar setelah mengerjakan salat taubat nasuha adalah sebagai berikut:

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah itu Anda dapat membaca doa salat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana Abduka Wa Ana Ala Ahdika Wa Wadika Mastathotu. Audzu Bika Min Syarri Maa Shonatu, Abuu-U Laka Binimatika Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmat mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

Demikian informasi seputar tata cara salat taubat yang perlu umat Islam ketahui. Semoga Allah SWT mengampuni seluruh dosa-dosa kita, dan kita tidak akan mengulanginya di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Baca juga:  Segera Taubat! Ini Siksaan Paling Ringan Penghuni Neraka



(NAI)