Kabupaten Sinjai Sulsel Mulai Salurkan BLT BBM kepada Warga Prasejahtera

Suasana penyaluran BLT BBM di Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai, Sulawesi Selatan yang dikawal oleh petugas kepolisian. ANTARA/HO-Pemkab Sinjai Suasana penyaluran BLT BBM di Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai, Sulawesi Selatan yang dikawal oleh petugas kepolisian. ANTARA/HO-Pemkab Sinjai

Ratusan warga prasejahtera di Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mulai menerima bantuan langsung tunai (BLT) kompensasi dari kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Bantuan tersebut disalurkan oleh pemerintah daerah dan PT Pos Indonesia.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai, Andi Muhammad Idnan mengatakan bahwa pencairan BLT BBM dilakukan secara serentak di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Sinjai.

“Penyaluran di hari pertama itu di enam kelurahan di Kecamatan Sinjai Utara dan itu serentak. Penerima BLT BBM adalah keluar penerima manfaat (KPM) yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos),” kata Idnan, dikutip dari Antaranews.com, Kamis, 15 September 2022.

Idnan menjelaskan bahwa pada penyaluran BLT BBM itu terdapat sebanyak 20.369 keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak menerima bantuan pemerintah tersebut.

Berdasarkan jumlah KPM tersebut, rata-rata masyarakat akan menerima Rp 500 ribu per orang sesuai dengan data yang terdapat di DTKS Kemensos.

“Kalau data KPM sesuai yang terdata di DTKS Kemensos ada 20.369 orang warga dan berhak menerima Rp 500 ribu. Untuk total anggaran sendiri sebesar Rp 10.184.500.000,” ujarnya.

Koordinator Penyaluran PT Pos Indonesia, Yakub mengungkapkan bahwa PT Pos tidak hanya mencairkan BLT BBM Rp 300 ribu, tetapi juga akan mencairkan bantuan sosial pangan tunai senilai RP 200 ribu.

“Jadi, mereka (KPM) akan menerima Rp 500 ribu pada bulan September ini,” katanya.

Salah satu penerima bantuan ketika di Kelurahan Biringere Rawatiah menyampaikan rasa gembiranya. Bantuan itu dinilai sangat dibutuhkan oleh warga di tengah kenaikan harga BBM.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah. Tentunya bantuan ini akan kami manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Sesuai dengan data yang dirilis PT Pos Indonesia, terdapat 1.474 KPM di Kecamatan Sinjai Utara yang menerima bantuan sosial dari pemerintah pusat. Sedangkan, untuk di Kabupaten Sinjai secara keseluruhan sesuai dengan DTKS, jumlah penerima sebesar 20.369 KPM.

Ada juga jumlah BLT BBM yang diterima sebesar Rp 300 ribu untuk periode September – Oktober 2022. Ditambah dengan Bantuan Sosial Pangan (BSP) sebesar Rp 200 ribu per KPM periode September 2022.

 

BACA: Gubernur Sulbar Minta Penyaluran BLT Pakai Data yang Akurat Agar Tepat Sasaran



(SUR)

Berita Lainnya