7 Minuman Jus Terbaik Atasi Sembelit

Jus lemon, salah satu jus terbaik untuk mengatasi sembelit. Foto: Pexels Jus lemon, salah satu jus terbaik untuk mengatasi sembelit. Foto: Pexels

Sembelit adalah kondisi medis di mana gerakan usus melambat, sehingga buang air besar menjadi sulit. Namun, ini bukanlah kondisi yang mengancam jiwa dan dapat diobati dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Meski, obat pencahar dapat membantu meredakan kondisi tersebut, tetapi pemulihannya bersifat jangka pendek, dan mungkin akan menimbulkan beberapa efek samping.

Untuk mencoba cara lain, kamu bisa membuat obat alami di rumah. Ya, cukup dengan membuat jus dari buah-buahan untuk mengatasi masalah ini. 

Melansir Medcom, berikut adalah daftar jus buah yang dianggap efektif mengatasi sembelit, antara lain:
 

1. Jus apel

Apel kaya akan serat, mineral, dan vitamin. Apel utuh atau dalam bentuk jus dapat membantu mencegah sembelit.

2. Jus anggur

Banyaknya kandungan air dan serat, penting untuk menghidrasi tubuh dan meningkatkan feses. Melansir dari laman Style Craze, anggur mengandung sorbitol, alkohol gula yang menahan lebih banyak air dan memudahkan buang air besar.

3. Jus jeruk

Merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, mineral, dan serat makanan. Serat ini membantu menahan air dan menambahkan kotoran ke dalam tinja, sehingga merangsang pergerakan usus.

4. Jus pir

Pir juga kaya serat dan mengandung hampir dua kali jumlah sorbitol seperti pada plum. Sorbitol membantu memperlancar buang air besar.

5. Jus Ceri

Ceri mengandung polifenol, air, dan serat yang membantu menambahkan kotoran ke tinja dan membuat pengeluaran menjadi lancar.

6. Jus lemon

Lemon memiliki kandungan kaya akan serat dan vitamin C. Tidak hanya dapat membantu mengobati sembelit tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 

Berapa dosisnya?

Cobalah untuk memasukkan ampasnya dan jangan menambahkan gula tambahan, atau juga tambahkan bumbu, seperti jinten atau adas. Ini dapat membantu membuang racun dari usus besar dan sebaiknya minumlah jus untuk sembelit setiap pagi hari.

Ingat, selalu gunakan jus segar buatan sendiri karena jus kalengan atau olahan mengandung bahan pengawet dan tambahan gula. Ini tidak dianjurkan untuk penderita diabetes.

Pasalnya, kelebihan fruktosa dari jus buah dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, perlemakan hati nonalkohol, diabetes, dan sindrom malabsorpsi. Jika masih mengalami masalah ini setelah mengonsumsi jus buah, segera konsultasikan ke dokter.



(SUR)