Kemenag Sulbar Bersama BPOM Fasilitasi Kemajuan UMKM

Logo halal. Kemenag Logo halal. Kemenag

Mamuju: Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Barat bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mamuju mendukung kemajuan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Sulbar Muhammad Dinar Faisal menyatakan, pihak Kemenag Sulbar bersama BPOM Mamuju berkolaborasi menerbitkan sertifikasi produk halal demi kemajuan UMKM.

Menurut Faisal, Kemenag Sulbar dan BPOM Mamuju tidak hanya membantu pengeluaran sertifikasi halal bagi pelaku usaha UMKM, tetapi juga menandatangani komitmen bersama dalam mendukung penerapan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Produk UMKM harus memperhatikan nilai kehalalan produk barangnya serta layak konsumsi di masyarakat.

“Jika produk makanan atau obat itu sudah membahayakan dikonsumsi, maka sudah tentu produk tersebut menjadi haram,” ungkap Faisal, dikutip dari Antara, Kamis, 21 September 2023.

Peran kerja sama antara Kemenag Sulbar dan BPOM Mamuju penting bagi kemajuan ekonomi daerah serta mendorong kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

“BPOM bertugas mengawasi keamanan dan kesehatan produk, sedangkan Kemenag melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal atau BPJPH akan mengawasi status kehalalan setiap produk tersebut, karena itu Kemenag dan BPOM Mamuju menjadi mitra penting dalam tugasnya,” lanjut Faisal.



(SUR)

Berita Lainnya