Waspada! 6 Penyakit yang Bisa Muncul Setelah Lebaran

Penyakit yang bisa muncul setelah lebaran. Foto: Pexels Penyakit yang bisa muncul setelah lebaran. Foto: Pexels

Memang, saat menikmati semua hidangan tersebut, kadang kamu lupa mengontrol diri. Hal itu membuat kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan, sehingga lupa bahwa akan ada penyakit yang mengintai setelahnya.

Nah, penyakit apa saja yang bisa muncul atau justru kambuh selama dan setelah lebaran. Melansir Medcom, berikut enam penyakit yang mungkin saja muncul, di antaranya:

Diare

Penyebab penyakit setelah lebaran ini dapat disebabkan karena konsumsi makanan pedas dan berlemak, minum soda, hingga alergi. Ingat, apabila setelah mengonsumsi hidangan hari raya masih mengalami buang air besar lebih dari tiga kali sehari, dengan konsistensi feses cair, bisa jadi kamu mengalami diare. Selain itu, kamu juga bisa mengalami sakit perut, mulas, bahkan dehidrasi.

Sakit mag

Penyakit ini kerap muncul akibat kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau pedas dan juga makanan dengan porsi berlebih. Bukan hanya sakit perut bagian atas, sakit ini juga bisa menimbulkan mual, muntah, hingga sering bersendawa.

Asam urat

Selain makanan asin dam bersantan, hidangan Lebaran juga identik dengan makanan manis dan berprotein tinggi. Konsumsi makanan dan minuman tinggi gula ini bisa memicu kambuhnya asam urat. Bagi orang yang sudah lama menderita penyakit asam urat, mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah, sarden, atau udang, justru bisa menyebabkan serangan gout berat.

Kolesterol

Apabila kamu mempunyai riwayat kolesterol tinggi, maka penting sekali untuk memerhatikan jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi, termasuk ketika momen lebaran. Untuk itu, batasi atau hindari mengonsumi gorengan, makanan cepat saji, atau jeroan, apalagi makanan yang bersantan.

Jangan sampai, setelah lebaran, kolesterol kamu jadi meningkat. Hal ini bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah bahkan berisiko menimbulkan komplikasi serius, seperti serangan jantung.

Diabetes

Kalau kamu menderita diabetes, maka wajib memilih dan membatasi makanan yang akan dikonsumsi agar gula darah tetap terkendali. Oleh karena itu, agar kadar gula darahmu tetap stabil saat Lebaran, pastikan kamu membatasi konsumsi makanan atau minuman manis, serta selalu minum obat penurun gula darah yang sudah diresepkan oleh dokter.

Hipertensi

Bagi penderita hipertensi, kamu perlu menjaga pola makan saat lebaran. Pasalnya, ketika Lebaran, biasanya tersaji beberapa makanan yang sebenarnya perlu kamu hindari karena dapat membuat tekanan darah meningkat drastis, contohnya makanan tinggi garam dan minuman berkafein.

Dengan begitu, ada baiknya bila setelah mengonsumsi hidangan lebaran, kamu perbanyak minum air putih. Beragam minuman sehat, seperti infused water, air kelapa, atau jus buah juga bisa kamu konsumsi agar momen lebaran semakin menyenangkan dan kesehatanmu tetap terjaga.



(SUR)