Ini Alasan Mengapa Orang Botak Masih Perlu Keramas

Ilustrasi Kepala Botak/Sumber: Klikdokter Ilustrasi Kepala Botak/Sumber: Klikdokter

Apakareba:  Tahukah Anda jika seseorang yang tidak memiliki rambut alias botak plontos masih membutuhkan sampo untuk berkeramas? Ternyata, pakar rambut Dr Andrew Jones, dari Research Scientist Unilever, Inggris, menilai orang botak sebaiknya tetap memakai sampo, lho!

Lantas buat apa ya orang botak sampoan? Jones menyebut sampo tak hanya baik untuk perawatan rambut, namun juga kulit kepala. Nah, soal kulit kepala ini, ternyata beda dengan kulit tubuh lainnya, jadi harus mendapatkan perawatan khusus. Mirip-mirip dengan kulit wajah yang harus diberi sabun yang berbeda dengan kulit tubuh.

Jadi, orang berkepala botak tak bisa hanya membilas kepalanya dengan air saja. Sebaiknya, mereka tetap memakai sampo setidaknya sekali dalam dua atau tiga hari demi membantu kulit kepala tetap terjaga kondisinya.

Baca juga: Jangan Setiap Hari! Ini Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Keramas Agar Rambut Tetap Sehat

Tips keramas

Selain itu, Jones juga memberikan saran terkait dengan penggunaan sampo yang tepat, baik itu bagi mereka yang masih memiliki rambut ataupun mereka yang sudah botak. Intinya, sampo harus dituang ke tangan dulu, jangan langsung dituang ke kepala atau rambut.

Usai ditumpahkan ke telapak tangan, gosok-gosok sampo ini hingga berbusa. Lalu, barulah kamu menaruhnya rambut dari depan ke belakang secara menyeluruh.

Setelah itu, pastikan kamu memberikan pijatan lembut pada kulit kepala, bukannya menggosoknya dengan keras. Pastikan untuk melakukannya karena kalau sampai ada sisa sampo di kulit kepala yang nggak digosok atau dibilas dengan baik, akan berubah jadi kotoran di kulit kepala.

Tutup kepala dan pakai tabir surya

Orang botak juga disarankan memakai topi atau penutup kepala lain saat panas terik menyengat di siang hari. Tujuannya sih demi menghindari paparan langsung sinar UV ke kulit kepala yang sensitif dan menurunkan risiko kanker kulit.

Jika perlu, kulit kepala juga bisa diberi tabir surya kalau memang botak dan sering terpapar sinar matahari. Nah, itulah saran untuk Anda yang memiliki kepala botak. Semoga bermanfaat!



(NAI)

Berita Lainnya