Wapres Ma'ruf Amin Canangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam

Apakareba: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mencanangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis atau tulang keropos pada Sabtu, 23 Oktober 2021. Menurutnya, penyakit itu masih menjadi masalah kesehatan di dunia, terutama di negara berkembang.
 
“Gerakan ini tidak saja bertujuan mengobati, tetapi yang lebih penting melakukan pencegahan,” kata Ma’ruf, seperti dilansir dari Medcom.id, Sabtu, 23 Oktober 2021.
 
Ia menyebut, pencegahan tulang keropos dapat diawali dengan rutin olahraga serta memperhatikan asupan nutrisi setiap hari. Selain itu, tidak mengonsumsi alkohol, tidak merokok, dan aktif mendeteksi dini kesehatan tulang.

Baca: Wapres Ingatkan Jaga Prokes Antisipasi Gelombang ke-3 Covid-19

Wapres mengutip data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Yayasan Osteoporosis Internasional (IOF). Tercatat lebih dari 200 juta orang di dunia menderita osteoporosis.

“Dan 50 persen kejadian patah tulang disebabkan osteoporosis yang dapat memicu terjadinya kecacatan seumur hidup hingga kematian,” papar Ma’ruf.
 
Tak hanya itu, prevalensi osteoporosis di Indonesia pada perempuan usia 50 hingga 80 tahun sebesar 23 persen. Kemudian, usia 70 hingga 80 tahun sebesar 63 persen.
 
“Prevalensi patah tulang belakang ditemukan sebesar sembilan persen pada perempuan dan 16 persen pada laki-laki,” tutur Ma’ruf.



(RAI)

Berita Lainnya