10 Desa Parigi Moutong Mendapatkan Air Bersih Melalui Program Pamsimas Tahun 2023

Ilustrasi Air Bersih (Freepik) Ilustrasi Air Bersih (Freepik)
Parigi: Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menyalurkan bantuan air bersih untuk 10 desa lewat Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) 2023. Sebanyak 10 desa yang mendapatkan program ini didasarkan pada kesulitan mendapatkan air bersih dan telah dilakukan survei oleh pemerintah.

"Dari 10 desa mendapat program ini enam diantaranya dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kemudian empat desa bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan total anggaran Rp1,6 miliar," kata Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Parigi Moutong Nyoman Sudiara, dikutip dari Antara, Rabu, 4 Oktober 2023.

Sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Parigi Moutong, empat desa yang dibiayai melalui APBD ialah Desa Paranggi di Kecamatan Ampibabo, Desa Sendana di Kecamatan Kasimbar, Desa Sigenti di Kecamatan Tinombo Selatan, dan Desa Sumber Agung di Kecamatan Mepanga.

Sementara itu, desa-desa yang dibiayai melalui APBN meliputi Desa Toboli di Kecamatan Parigi Utara, Desa Gangga di Kecamatan Parigi Selatan, Desa Siniu di Kecamatan Siniu, Desa Bondoyong di Kecamatan Sidoan, Desa Beau di Kecamatan Palasa, dan Desa Tomini Utara di Kecamatan Tomini.

"Parigi Moutong salah satu daerah sasaran program Pamsimas pembiayaan APBN di Sulteng bersamaan dengan Kabupaten Morowali dan Morowali Utara," ujar Nyoman.

Nyoman mengungkapkan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana telah diselesaikan dan diserahterimakan untuk pemanfaatannya. Program ini menghasilkan 663 sambungan rumah tangga (SR) yang memenuhi kebutuhan 673 kepala keluarga atau sekitar 2.673 jiwa.

Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat tidak lagi kekurangan air bersih. Pemkab Parigi Moutong juga meminta masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah disediakan.
???????

(SUR)

Berita Lainnya