Mitos Mandi Malam Bikin Rematik? Simak Penjelasan Ini!

Ilustrasi Mandi Sumber: Pexels Ilustrasi Mandi Sumber: Pexels

Apakareba:  Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan pulang larut malam di beberapa kota besar menjadi aktivitas yang umum ditemui. Biasanya, agar badan kembali bersih, segar, dan nyaman saat tidur malam, mandi sebelum tidur malam pun tetap dijalankan.

Namun, bagi banyak orang anggapan mandi malam bukanlah hal yang aman untuk dilakukan. Banyak nasihat untuk tidak mandi saat larut malam, sebab dapat menyebabkan penyakit rematik.

Akhirnya, banyak dari Anda yang takut untuk mandi malam. Padahal penyakit rematik belum tentu benar disebabkan oleh mandi larut malam.

Apa itu rematik

Dihimpun dari klikdokter.com, penyakit rematik masuk ke dalam kelompok penyakit autoimun. Hal ini membuat kondisi sel-sel pertahanan tubuh menyerang organ tubuh. Dalam kasus rematik, bagian yang lebih banyak diserang adalah persendian.

Sayangnya, penyebab rematik masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, penyakit autoimun ini lebih banyak menyerang wanita dan pada rentang usia 20-40 tahun.

Selain itu, karena penyakit rematik termasuk ke dalam penyakit autoimun, organ tubuh lain pun dapat mengalami gangguan. Misalnya saja, kulit, mata, jantung, dan juga ginjal.

Baca juga: Ingin Jadi Remaja Gaul yang Islami? Catat 6 Adab Ini!

Mitos mandi malam bikin rematik

Lalu, apakah mandi malam hari menjadi penyebab sakit rematik? Ternyata, hal tersebut tidak sepenuhnya benar alias mitos belaka. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit rematik termasuk ke dalam penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh itu sendiri.

Pada kasus rematik, bagian tubuh yang terkena adalah persendian. Karena itulah, mandi malam bukanlah penyebab tunggal dari rematik.

Walau begitu, bukan berarti para penderita rematik diperbolehkan sering mandi malam. Sebab, untuk penderita rematik, mandi malam hari dapat memperparah keluhan nyeri sendi.

Hal ini disebabkan rasa dingin yang muncul karena mandi saat malam hari akan membuat nyeri sendi semakin parah.

Maka dari itu, sebaiknya mandi malam tetap dihindari terutama bagi Anda yang sudah memiliki riwayat penyakit rematik. Apabila, Anda tetap ingin mandi malam, gunakanlah air hangat agar nyeri sendi tidak kambuh.



(NAI)