Update Covid-19 Kota Bandung: 176 Kasus Baru dalam Sehari

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Bandung: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Jawa Barat, mengungkapkan kasus positif covid-19 kembali meningkat di awal Februari 2022. Per 1 Februari 2022, catatan kasus bertambah di angka ratusan dalam sehari.

"Satu hari kemarin ada peningkatan sebanyak 176 kasus (covid-19), hasil dari screening yang kita lakukan," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung, Rosye Arosdiani, seperti dikutip Medcom.id, Rabu, 2 Februari 2022.

Rosye mengatakan mayoritas kasus baru datang dari masyarakat yang hendak melakukan perjalanan keluar kota. Ia menyebut peningkatan kasus covid-19 merupakan transmisi lokal di Kota Bandung.

"Itu rata-rata yang mau melakukan perjalanan. Karena di dua minggu terakhir ini banyak penduduk Kota Bandung yang bepergian, dan setelah di tes (PCR) terkonfirmasi positif (covid-19)," kata Rosye.

Menurut dia, 8 persen dari temuan terbaru merupakan kasus dengan gejala berat seperti batuk, pilek, dan demam. Ia pun mengimbau masyarakat untuk segera memeriksakan diri jika mengalami gejala tersebut ke pelayanan kesehatan terdekat.

"Yang berat itu yang terkena lansia, orang dengan komorbid dan gangguan imunitas. Tapi dari sekian yang dilakukan tes, yang hilang penciuman jarang sekali, jadi seperti batuk biasa," ujar dia.

Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung mencatat total kasus covid-19 sebanyak 44.429 dengan kasus aktif 682 kasus. Sedangkan pasien sembuh bertambah 16 orang menjadi total 42.321 orang.

"Yang meninggal sampai hari ini belum ada penambahan, mudah-mudahan tidak ada. Totalnya 1.426 orang yang meninggal," ungkap dia.



(UWA)

Berita Lainnya