Sambut Hari Kesehatan Nasional, Menkes Gandeng Semua Pihak Menangani Pandemi Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Istimewa Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Istimewa

Apakareba: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak semua pihak berkolaborasi menangani pandemi covid-19. Ajakan ini sekaligus menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada hari ini, 12 November 2021.
 
"Jalan kita masih panjang untuk mewujudkan sehat negeriku, tumbuh Indonesiaku," kata Budi dalam keterangan tertulis, seperti dilansir dari Medcom.id, Jumat, 12 November 2021,
 
Budi mengatakan HKN diperingati pertama kali pada 12 November 1964. Saat itu, HKN untuk memperingati keberhasilan pemberantasan malaria.

"Pencetusan Hari Kesehatan Nasional bermula pada tahun 1950-an, ketika penyakit malaria banyak diderita masyarakat Indonesia," ucapnya.

Baca: Pemerintah Diminta Perketat Pintu Masuk WNA Saat Nataru
 
Di masa itu, ratusan ribu nyawa terenggut akibat malaria. Pemerintah lantas melakukan program pemberantasan malaria di seluruh penjuru Tanah Air.

Pemerintah juga membentuk Dinas Pembasmian Malaria pada 1959. Namun, nama itu diganti menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM) pada Januari 1963.
 
Pembasmian malaria dilakukan menggunakan insektisida dichloro diphenyl trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara massal ke rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung. Penyemprotan secara simbolis dilakukan Presiden Soekarno di Desa Kalasan, Sleman, Yogyakarta, pada 12 November 1959.



(RAI)

Berita Lainnya