Menkes Diminta Jaga Gerbang Masuk Cegah Cacar Monyet oleh Jokowi

Presiden Joko Widodo menyapa pedagang saat kunjungan kerjanya di Pasar Pucang Anom, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (21/8/2022). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU Presiden Joko Widodo menyapa pedagang saat kunjungan kerjanya di Pasar Pucang Anom, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (21/8/2022). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU

Apakareba: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan jajaran menjaga ketat gerbang masuk negara. Pengawasan ketat di gerbang masuk Indonesia harus dilakukan guna mencegah penyebaran cacar monyet.

“Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat,” perintah Presiden Jokowi dikutip dari Antaranews.com, Selasa, 23 Agustus 2022.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengumumkan temuan kasus pertama terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia pada 20 Agustus 2022. Pasien ialah laki-laki berusia 27 tahun yang berdomisili di Jakarta. Kepala Negara pun menyatakan Kemenkes harus

“Sudah saya perintahkan kepada Menkes, pertama urusan vaksin segera,” lanjutnya.

Akan tetapi, walaupun sudah ada kasus positif ditemukan di Indonesia, Presiden Jokowi meminta supaya masyarakat tidak panik. 

“Tapi ini juga kita tidak perlu terlalu panik karena penularannya lewat kontak langsung, bukan lewat ‘droplet’. Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan kita untuk mengatasi itu,” ujar Presiden Jokowi.

 

BACA: Rajin Cuci Tangan dan Pakai Masker Bantu Cegah Infeksi Cacar Monyet



(SUR)

Berita Lainnya