RSUD Sulbar Bangun Bunker Radioterapi

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulawesi Barat. (ANTARA/HO RSUD Sulawesi Barat) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulawesi Barat. (ANTARA/HO RSUD Sulawesi Barat)
Sulbar: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulawesi Barat  membuat bunker radioterapi untuk mendukung pengobatan pasien kanker. Direktur RSUD Provinsi Sulawesi Barat, Merintani Erna Dochri, menyatakan proyek ini upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan pengelola RSUD meningkatkan pelayanan rumah sakit.

"Sesuai visinya RSUD Sulbar diharapkan dapat menjadi rumah sakit unggulan pelayanan rujukan di wilayah Sulbar," kata Merintani dilansir dari Antaranews.com pada Senin, 1 Januari 2024.

Merintani menegaskan pengelola RSUD terus berbenah dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Pembenahan mencakup pengadaan alat-alat pendukung, seperti Linac, alat pemeriksaan imunohistokimia, dan CT Simulator untuk layanan radioterapi pada pasien kanker.

Pengelola RSUD juga mengakuisisi alat kesehatan jantung IABP untuk memeriksa penyakit jantung dan alat pemeriksaan kesehatan jantung HLM untuk pelayanan bedah jantung terbuka pada pasien. Selain itu, ruang penanganan pasien dengan penyakit jantung, ruang pelayanan hemodialisa, serta ruang pengelolaan dan sterilisasi peralatan medis juga telah diperbaiki.

Pengelola RSUD menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dalam mendukung pelayanan kesehatan. Merintani menekankan upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pendukung penyelenggaraan pelayanan rumah sakit melalui program pendidikan formal dan nonformal.

RSUD terus berbenah dengan fokus pada peningkatan mutu secara internal dan eksternal. Harapannya, dapat memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat dan menciptakan kenyamanan bagi mereka.

(SUR)

Berita Lainnya