Waspada Hujan Lebat, BMKG Sebut Sultra Termasuk Daerah Terdampak

Penampakan hujan lebat dari pantauan BMKG. BMKG Penampakan hujan lebat dari pantauan BMKG. BMKG
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi tentang potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia pada Minggu, 10 September 2023. Wilayah terdampak di antaranya Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Banten, dan Jawa Barat.

Hujan lebat juga diprediksi akan terjadi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, hingga Papua. Beberapa wilayah juga berpotensi mengalami angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam. Wilayah tersebut ialah Aceh, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, serta Papua.

Adapun hujan dibarengi kilat dan petir diperkirakan akan menimpa wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan sebagian besar wilayah Indonesia saat ini masih memasuki musim kemarau. Hal ini disebabkan oleh El Nino di Samudera Pasifik terutama angin Mosun Australia.

Dia menambahkan, awal musim hujan di wilayah Indonesia baru terjadi pada November 2023 atau bisa lebih lambat dari perkiraan.

"Awal musim hujan diprediksi akan terjadi pada November 2023, tapi karena tingginya keragaman iklim di Indonesia, awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," jelas Dwikorita, dikutip dari Antara, Minggu, 10 September 2023.

Musim kemarau yang sedang berlangsung di beberapa daerah memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti di Jambi, Sumatra Selatan, Jambi, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, serta Maluku.

(SUR)

Berita Lainnya