Pemerintah Bakal Salurkan BLT Minyak Goreng Pekan Ini, Cek Syaratnya

Ilustrasi. Foto: Antara/M Ayudha Ilustrasi. Foto: Antara/M Ayudha

Jakarta: Pemerintah pusat bakal menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng secara bertahap pada pekan ini. Bantuan itu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dari kenaikan harga minyak goreng di pasaran.

"Semakin cepat tersalur, semakin cepat beban masyarakat terangkat,” ungkap Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Abraham Wirotomo, dilansir dari Media Indonesia, Rabu, 6 April 2022.

BLT minyak goreng senilai Rp300.000 akan diberikan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk keperluan selama tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni. Namun, pemberian bantuan akan dilakukan sekaligus pada April atau sebelum lebaran.

Abraham menjelaskan, BLT minyak goreng menyasar hingga ke 23 juta masyarakat. Rinciannya, 20,5 juta keluarga dari daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL).

Baca: Pantau Produksi Minyak Goreng Curah, Polri-Kemenperin Bentuk satgas Gabungan

Penerima BLT minyak goreng adalah masyarakat yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos). DTKS merupakan basis data yang sudah dilakukan pemadanan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan telah terverifikasi.

"Dengan demikian penyalurannya bisa tepat sasaran," terang dia.

Dia memastikan, masyarakat penerima manfaat bisa membelanjakan bantuan di toko atau warung manapun. Kebebasan ini diberikan untuk mengurangi potensi permainan atau monopoli sejumlah pihak.

“Masyarakat bebas bisa belanja di mana saja. Namun, kami imbau dan berharap BLT benar-benar digunakan untuk membeli minyak goreng,” tutur dia.



(UWA)

Berita Lainnya