Bikin Bangga, Sulsel Bawa Pulang Dua Penghargaan dari Pameran Kriya Nusa, Jakarta

Dua penghargaan yang diterima Dekranasda Sulsel saat tampil di Pameran Kriya Nusa Jakarta, 21 September 2022.ANTARA/HO Dua penghargaan yang diterima Dekranasda Sulsel saat tampil di Pameran Kriya Nusa Jakarta, 21 September 2022.ANTARA/HO

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan (Sulsel) bangga bisa membawa pulang dua penghargaan pada Pameran Kriya Nusa yang digelar di Jakarta, 21 September 2022. Penghargaan ini bukti Sulsel memiliki kekayaan budaya dan produk yang tidak kalah dari provinsi dan negeri lain.

“Pengakuan ini menjadi pemantik semangat bagi daerah lain di Sulsel itu terus mengembangkan produknya. Dekranasda hadir untuk mewadahi semua itu,” kata Naomi, dilansir dari Antara, Senin, 26 September 2022.

Penghargaan pertama diraih ketika acara pembukaan. Produk Songkok Bone ditetapkan sebagai penerima World Crafts Council (WCC) Award of Excellence for Handicraft of Asia Pacific Region 2022.

Penghargaan kedua diberikan melalui produk Tas Anyaman Lontar. Produk tersebut diproduksi UMKM Atap Konjo dari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan dan ditetapkan sebagai produk unggulan potensial 2022.

Ia menerangkan, daerah itu kaya akan potensi sumber daya alam. Para pelaku UMKM di daerah tersebut kini bersemangat berinovasi membuat produk fungsional.

Naomi pun menegaskan komitmen Dekranasda untuk terus hadir menjadi wadah membuat produk lokal yang potensial lebih dikenal publik melalui berbagai ajang promosi. Salah satunya adalah melalui Pameran Kriya Nusa.

Ketua Dekranasda Bulukumba, Andi Herfida Attas menuturkan bahwa pihaknya memberikan kesempatan kepada UMKM untuk dapat tampil maksimal pada Pameran Kriya Nusa itu.



(SUR)