Atasi Leher Kaku dengan Cara Ini

ilustrasi-leher kaku.Foto: Pexels ilustrasi-leher kaku.Foto: Pexels

Apakareba: Leher kaku merupakan kondisi yang kerap dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti postur tubuh yang buruk, cedera, atau bahkan stres. 

Leher kaku dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman. Terlebih kepala juga merasa nyut-nyutan. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Melansir Halodoc, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi leher kaku:

1. Kompres dingin atau hangat

Cara yang paling mudah untuk mengatasi leher kaku adalah dengan meringankan rasa sakitnya dengan kompres. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri mati rasa, sedangkan kompres hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan otot.

2. Minum obat anti nyeri

Obat anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada leher.

3. Melakukan peregangan

Melakukan peregangan leher secara teratur dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan fleksibilitas leher. Peregangan leher dapat dilakukan dengan cara memutar kepala ke kanan dan kiri, atau dengan menundukkan kepala ke depan dan ke belakang.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat meringankan rasa kaku di leher. Terlebih jika Anda mandi menggunakan shower. Anda cukup menyirami lejer anda dengan air hangat selama beberapa menit dan ulangi langkah pertama. 

5. Menggunakan penyangga leher

Penyangga leher dapat membantu mengurangi tekanan pada leher dan mengurangi ketegangan pada otot leher. Penyangga leher dapat digunakan saat tidur atau saat melakukan aktivitas yang membutuhkan posisi leher yang sama dalam waktu yang lama.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda dapat mengatasi leher kaku dan mencegah terjadinya kondisi yang lebih serius. Jika rasa sakit pada leher tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut ya, Sob.



(FPR)