Pemkab Gorontalo Dorong Digitalisasi UMKM

UMKM. Foto : MI/Adam. UMKM. Foto : MI/Adam.

Apakareba: Di tengah pandemi covid-19, pemerintah mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk beralih ke pasar online. Seperti di Gorontalo, Sulawesi Utara, pemerintah daerah (pemda) setempat memacu digitalisasi pemasaran produk UMKM secara daring. Hal ini melanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam percepatan akselerasi pemda dalam mewujudkan ekosistem digital.

"Kami sangat tertarik dengan hasil presentasi tim Aturtoko yang mendukung program pengembangan UMKM," kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, di Gorontalo, Rabu, 9 Juni 2021, seperti dilansir dari Antara.

Untuk mendukung dan mewujudkan hal tersebut, Bupati Gorontalo mengunjungi PT. Aturtoko di Jakarta untuk membahas digitalisasi UMKM Kabupaten Gorontalo.
 
Menurutnya konsep dari dimilki Aturtoko yang fokus pada pengembangan UMKM, selaras dengan program kerja Pemerintah Kabupaten Gorontalo.
 
"Pemda akan berupaya agar UMKM di Kabupaten Gorontalo bisa ikut dipasarkan secara digital," jelas Nelson.
 
Dia mengatakan saat ini Aturtoko menjembatani lebih dari 30 ribu UMKM di Indonesia secara daring. "Saya akan mengundang tim Aturtoko ke Gorontalo, utuk melakukan pemaparan terkait sistem operasional mereka di hadapan Organisasi Perangkat Daerah," ucapnya.
 
Nelson menambahkan jika Aturtoko merupakan startup binaan Kementerian Perindustrian RI. Startup ini meraih penghargaan di ajang Nasional Startup4Industri 2020. Mereka fokus pada penyediaan teknologi aplikasi bisnis berbasis online dan offline.



(SYI)