Pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar Kembali Dilanjutkan

Masjid 99 Kubah Makassar, Sulawesi Selatan. Antara: Abriawan Abhe Masjid 99 Kubah Makassar, Sulawesi Selatan. Antara: Abriawan Abhe

Apakareba: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali melanjutkan pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar dalam pengerjaan konstruksi tahap III. Pengerjaan kali ini fokus pada pengerjaan area fungsional masjid dengan harapan pemanfaatan masjid bisa dilakukan pada akhir 2021.

"Khusus pembangunan masjid sudah berkontrak, Pre Construction Meeting (PCM) juga sudah dilakukan, termasuk mobilisasi material dan pengerjaan konstruksi sudah berjalan kurang lebih dua pekan," kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Sulsel Haeruddin di Makassar, Sabtu, 24 April 2021. 

Adapun pengerjaan fungsional seperti perbaikan atap bocor, pengerjaan bagian kiblat, halaman utama lantai satu masjid. Kemudian, pengerjaan area suci, seluruh anak tangga masjid, lantai dasar untuk pelataran masjid hingga tempat wudhu pria dan wanita. 

"Pada pelataran, kita juga kerjakan plafonnya karena bangunan kemarin ini ada yang rusak karena rembesan air dan ini memang tidak bisa dihindari sebab belum selesai pengerjaannya," ujarnya.

Baca juga: Berniat Maksiat usai Buka Puasa? Coba Pikir Lagi Deh

Dinas PUTR Sulsel menyiapkan pagu sebesar Rp24,5 miliar untuk pengerjaan fungsional tersebut dengan masa pengerjaan selama enam bulan, April-Oktober 2021. Sementara pada proses lelang, pengerjaannya dianggarkan sebesar Rp23 miliar. 

Usai pengerjaan area fungsional tersebut, akan dilakukan uji kelayakan dan penggunaan masjid sebelum dibuka bagi masyarakat. Tempat ibadah yang digadang-gadang akan menarik perhatian wisatawan tersebut, kata Haeruddin, akan dilengkapi filter air. 

Filter tersebut akan menyuling air payau menjadi air tawar untuk dimanfaatkan sebagai sumber air utama para jemaah masjid berwudhu. (Widhoroso)
 



(CIA)

Berita Lainnya