Akhirnya, Black Box CVR Sriwijaya SJ-182 Ditemukan!

Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air. MI Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air. MI

Apakareba: Setelah sekian lama, akhirnya black box perekam suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR) milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh pada Sabtu, 9 Januari 2021 lalu, berhasil ditemukan. Pencarian terhadap black box CVR ini telah berjalan selama kurang lebih tiga bulan. Sebelumnya, black box perekam data penerbangan atau flight data recorder (FDR) sudah ditemukan pada 12 Januari 2021.

"(Black box CVR) sudah (ditemukan). Nanti akan diumumkan," kata juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati saat dikonfirmasi, Rabu, 31 Maret 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.

Nantinya, penjelasan secara detail mengenai penemuan itu akan disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia akan menggelar konferensi pers di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dengan rute Jakarta-Pontianak hilang kontak di Kelupauan Seribu pada Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 14.40 WIB. Pesawat itu jatuh di kawasan Kepulauan Seribu, antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Pesawat itu mengangkut 62 orang yang terdiri atas enam awak aktif, 40 orang dewasa, tujuh anak-anak, tiga bayi, dan enam awak sebagai penumpang. Pada Kamis, 21 Januari 2021, operasi pencarian terhadap korban dan puing pesawat telah dihentikan. (Yurike Budiman)
 



(SYI)

Berita Lainnya