6 Tips Aman Puasa bagi Ibu Hamil

Tips aman dan lancar puasa bagi ibu hamil. (Foto: freepik) Tips aman dan lancar puasa bagi ibu hamil. (Foto: freepik)

Seperti yang kita ketahui, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadan. Namun, bagaimana dengan ibu hamil? Pasalnya, tidak sedikit ibu hamil yang ingin berpuasa, tetapi khawatir akan berat bagi janinnya.

Sebenarnya, ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa. Mereka bisa mengganti puasa di hari yang lain. Namun, jika ibu hamil dalam kondisi sehat, puasa saat hamil umumnya aman untuk dilakukan.

Meskipun demikian, ibu hamil juga harus mendapatkan persetujuan dari dokter kandungan apabila ingin berpuasa. Nantinya, dokter akan memberikan rekomendasi terkait pola makan serta asupan nutrisi selama sahur dan berbuka puasa.

Yuk, cari tahu selengkapnya tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ibu hamil ketika berpuasa. Dilansir dari Medcom, berikut tips aman dan lancar berpuasa bagi ibu hamil.

1.     Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Ibu hamil disarankan untuk minum air sebanyak 8-12 gelas atau setara dengan 2,2–3 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu dan janin. Namun, apabila mengalami gejala dehidrasi, sebaiknya ibu hamil segera membatalkan puasa.

2.     Menjaga kebutuhan serat dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah

Pilihan makanan saat sahur dan berbuka sangat penting bagi ibu hamil. Konsumsilah makann yang mengandung serat untuk menunjang kesehatan pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit.

3.     Konsumsi susu sebagai tambahan nutrisi dan gizi

Mengonsumsi susu sangat baik bagi ibu hamil untuk menambah nutrisi dan gizi. Selama puasa, Ibu hamil bisa minum susu pada saat sahur dan sebelum tidur.

4.     Mengonsumsi camilan sehat

Ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi camilan sehat di sela-sela waktu setelah berbuka. Camilan tersebut dapat berupa buah-buahan atau sayuran, seperti kentang, buncis, atau brokoli rebus.

5.     Hindari minuman dingin

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi minuman dingin saat berbuka. Karena dikhawatirkan akan meningkatkan asam lambung. Sebaiknya, mengonsumsi air putih atau minuman manis hangat saja. Apabila ingin mengonsumsi yang sehat, semangka atau melon bisa menjadi pilihan.

            6.   Hindari konsumsi kafein berlebih dan makanan atau minuman tinggi gula

Selama puasa, ibu hamil sebaiknya membatasi konsumsi kafein agar tidak melebihi 200 mg per hari. Mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat meningkatkan rasa haus dan menyebabkan dehidrasi. Karena kafein memiliki efek diuretik yang bisa meningkatkan produksi urine.

Tidak hanya itu, minuman yang mengandung gula yang tinggi juga sebaiknya dihindari ibu hamil saat berpuasa. Studi menemukan bahwa konsumsi minuman manis selama trimester kedua kehamilan bisa mempengaruhi kondisi janin. Oleh karena itu, gantilah asupan kafein dan minuman yang terlalu manis dengan air putih saat sahur atau berbuka.



(UWA)