BMKG Catat Ada 13 Kali Gempa Susulan di Kabupaten Sigi

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu Hendrik Leopatty. (ANTARA/Rangga Musabar) Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu Hendrik Leopatty. (ANTARA/Rangga Musabar)
KAB. SIGI: Gempa magnitudo 5,2 terjadi di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Minggu, 6 Agustus 2023 pukul 10.00 Wita. Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 13 kali aktivitas gempa susulan hingga pukul 12.00 Wita.

“Gempa bumi susulan tercatat sebanyak 13 kali yang berkekuatan magnitude dari 3 sampai 4 di sekitar wilayah titik gempa sebelumnya,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu, Hendrik Leopatty, dikutip dari Antaranews, Minggu, 6 Agustus 2023.

Gempa bumi pertama berpusat di koordinat 1,19 lintang Selatan dan 120,26 bujur timur atau 47 kilometer timur laut Sigi dengan kedalaman 16 kilometer. Gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang dipicu aktivitas sesar aktif. Hasil analisis menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser.

Gempa bumi tersebut dirasakan warga Kabupaten Sigi pada skala intensitas III-IV MMI. Getarannya dapat dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah, serta dapat menyebabkan gerabah pecah dan pintu serta jendela berderit. Sedangkan di Kota Palu, getaran gempa terasa pada skala III MMI dengan getaran dirasakan nyata di dalam rumah.

Meskipun gempa cukup kuat dirasakan masyarakat, Hendrik mengatakan belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Meski begitu, ia mengimbau masyarakat menjauhi bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

(SUR)

Berita Lainnya