Cegah Jerawat, Inilah Lima Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

Pucuk daun kelor. Foto: ANTARA Pucuk daun kelor. Foto: ANTARA

Daun kelor atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman tropis yang sangat mudah dikenali dari ukuran daunnya yang kecil. Tidak hanya itu, pohon kelor juga sangat mudah bertumbuh pada tanah yang bisa dikatakan tidak terlalu subur.

Selain terkenal sejak dahulu sebagai obat tradisional, daun kelor ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dipercaya sangat baik untuk mencerahkan wajah.

Berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, niacinamide, magnesium, serta antioksidan seperti flavonoid.

Melansir Alodokter, sebagai salah satu bahan herbal yang mempunyai manfaat untuk kecantikan kulit wajah, daun kelor biasanya digunakan sebagai masker alami yang terbuat dari bubuk daun kelor atau terkandung di dalam produk perawatan wajah seperti serum, krim wajah, minyak esensial, hingga essence.

Melansir Medcom, berikut adalah manfaat daun kelor untuk kecantikan kulit wajah, yakni:

1. Mencegah dan mengurangi munculnya jerawat

Banyak riset menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor mengandung efek antibakteri dan anti radang yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Daun kelor juga mengurangi peradangan di kulit yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

2. Mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin C dalam daun kelor dapat mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Vitamin tersebut bekerja dengan cara menekan pembentukan melanin yang memberikan warna pada kulit.

3. Mencegah penuaan dini

Daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi serta vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen. Kadar kolagen dan antioksidan yang cukup berperan penting untuk mencegah dan memperlambat penuaan serta mengurangi bintik atau flek hitam dan kerutan di wajah.

4. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Kandungan niacinamide dan vitamin B yang dimiliki daun kelor dapat memperbaiki lapisan epidermis atau lapisan paling luar kulit. Ketika lapisan epidermis terjaga dengan baik, kulit wajah akan terasa halus, lembut, dan lembap.

5. Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV

Kandungan antioksidan dan vitamin yang ada pada daun kelor mampu mencegah kerusakan kulit baik yang berasal dari faktor internal, seperti genetik, stres, hormon, dehidrasi, dan kurang tidur, maupun dari faktor eksternal, seperti paparan sinar UV, polusi, dan asap rokok. Antioksidan dan vitamin tersebut bekerja dengan cara melindungi kekuatan dan struktur kulit dari dalam.

Nah, itulah beragam manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah, semoga bermanfaat!



(SUR)