Disbud Kota Makassar Gelar Festival Gerakan Cinta Budaya 2021

Festival Gerakan Cinta Budaya 2021 Kota Makassar. ANTARA/HO-Pemkot Makassar. Festival Gerakan Cinta Budaya 2021 Kota Makassar. ANTARA/HO-Pemkot Makassar.

Apakareba: Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar menggelar Festival Gerakan Cinta Budaya 2021. Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya melestarikan budaya Makassar.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas mengatakan rasa cinta terhadap budaya dapat mulai ditumbuhkan dari anak-anak. "Ini adalah salah satu upaya kita dalam mempertahankan nilai-nilai budaya dengan mengajarkan cinta budaya khususnya kepada anak-anak sebagai penerus bangsa," kata Andi, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat, 19 November 2021.

Gerakan cinta budaya dapat terus digalakkan dengan adanya pembinaan di sekolah. "Bagaimana Dinas Kebudayaan selama ini adanya pembinaan terhadap anak-anak sekolah, sanggar seni sekolah dan non-sekolah. Inilah kita aplikasikan di dalam gerakan cinta budaya, jadi kita bisa melihat cintanya anak-anak kita dengan budayanya sendiri,” kata Fida, di museum Kota Makassar, Kamis, 18 November 2021.

Fida yang merupakan sapaan akrab Herfida mengatakan pandemi covid-19 tidak menghambat pergerakan dan pelestarian budaya. Kegiatan tersebut justru dapat mendorong kembali pariwisata dan pelaku seni untuk terus berkarya.

"Kita melibatkan seluruh pelaku seni yang ada di Kota Makassar sehingga budaya seni semakin bergairah, apalagi selama pandemi ini kita tahu bersama bahwa pelaku seni itu ikut tidur, dengan adanya kegiatan seperti ini sangat bersemangat kita lihat sendiri penonton turut begitu semangat,” terangnya.

Dalam kegiatan ini, sejumlah siswa tampil memperlihatkan kemampuannya dalam melestarikan budaya. Seperti menari kolosal Bugis Makasaar, menari adat, penampilan menyanyi hingga menampilkan musik tradisional dari gendang dan kecapi.

“Itu tadi menceritakan tentang bagaimana anak-anak kita dengan adanya kolosal yang menceritakan tentang kehidupan mereka bersama-sama, menjalankan kehidupan bersama-sama untuk menjadi satu itu adalah budaya Kota Makassar,” tutupnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Makassar, Rusmayani Madjid, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia meminta gerakan cinta budaya terus digalakkan Pemerintah Kota Makassar.

“Ini merupakan salah satu kolaborasi antara Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata karena kegiatan ini juga tentunya bisa mendongkrak kunjungan pariwisata ke Kota Makassar apalagi kalau Dinas Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan yang secara rutin,” kata Maya.

Gerakan cinta budaya yang digagas oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar dinilai luar biasa. Gerakan ini dianggap sebagai upaya melestarikan budaya di Makassar lantaran banyaknya budaya luar yang mulai masuk.



(RAI)

Berita Lainnya