4 Olahraga yang Ramah bagi Pengidap Hipertensi

Olahraga yang ramah bagi pengidap hipertensi. Foto: Pexels Olahraga yang ramah bagi pengidap hipertensi. Foto: Pexels

Olahraga rutin tentu tidak boleh dilewatkan, khususnya bagi kamu yang mengidap hipertensi. Olahraga diyakini sebagai cara jitu untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Menurut suatu rekomendasi jurnal terbitan dari European Journal of Preventative Cardiology, jenis olahraga tertentu bisa bermanfaat bagi kelompok orang yang berbeda, berdasarkan tekanan darah mereka.

Melansir Medcom, berikut empat deretan rekomendasi olahraga yang disarankan untuk mengatur tekanan darah menjadi lebih stabil:

1. Berjalan kaki

Bagi pengidap tekanan darah tinggi, rutin melakukan jenis gerakan ini dapat mencegah hipertensi semakin parah. Meskipun terdengar remeh, bejalan kaki berguna untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Berenang

Menurut dr. Rizal Fadli dalam Halodoc, dikutip dari sebuah penelitian, berenang sebanyak 3–4 kali dalam seminggu selama 12 minggu berturut-turut bisa menurunkan tekanan darah sistolik pada pengidap hipertensi.

3. Squat, push-up, dan angkat beban

Olahraga jenis ini cocok untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah sekitar 130-139 / 85-89 mmHg. Hal ini dikarenakan pengidap hipertensi kelompok tersebut perlu memprioritaskan latihan ketahanan dinamis, atau gerakan kekuatan yang menggabungkan beberapa kelompok otot besar sekaligus.

4. Yoga

Melakukan yoga untuk menurunkan tekanan darah memang tidak terlalu banyak, tetapi cukup untuk mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 7 persen, serta risiko penyakit stroke sebesar 10 persen. Olahraga jenis ini juga membantu mempertahankan tekanan darah yang normal.



(SUR)