Cek Kondisi Ban Anda Sebelum Mudik, Ini Cara Cek Kode Produksi Pembuatan Ban

ilustrasi-ban mobil. Foto: Pexels ilustrasi-ban mobil. Foto: Pexels

Apakareba: Mudik menjadi salah satu momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Namun, sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima, termasuk kondisi ban. 

Kondisi ban yang buruk dapat membahayakan keselamatan dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi ban sebelum memulai perjalanan mudik.

Cara Cek Kode Produksi Pembuatan Ban

Melansir situs Hyundai, Salah satu cara untuk memeriksa kondisi ban adalah dengan melihat kode produksi ban. Kode produksi ban terdiri dari empat digit angka yang menunjukkan waktu produksi ban. 

Dua digit pertama menunjukkan minggu produksi, sedangkan dua digit terakhir menunjukkan tahun produksi. Sebagai contoh, kode produksi ban dengan angka 2319 menunjukkan bahwa ban tersebut diproduksi pada minggu ke-23 tahun 2019.

Untuk melihat kode produksi ban, periksa bagian dalam ban. Kode produksi biasanya tercetak pada dinding dalam ban. Selain itu, periksa juga kondisi ban secara visual. Jika ban sudah getas, ada retakan, tidak kenyal, kemungkinan besar ban sudah berusia tiga tahun ke atas dan perlu diganti.

Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik sebelum memulai perjalanan mudik. Selamat berkendara dan selamat sampai tujuan Sob!



(FPR)