WhatsApp Down, Ini Daftar Penggunanya Terbanyak di Dunia

Ilustrasi WhatsApp/Sumber Pexels Ilustrasi WhatsApp/Sumber Pexels

Apakareba:  Aplikasi messenger milik Facebook Inc WhatsApp mengalami masalah pada Senin, 4 Oktober 2021 malam. Permasalahan ini cukup serius, sebab bukan hanya di Indonesia kejadian ini menimpa seluruh dunia.

Hal tersebut sontak membuat penggunanya yang diperkirakan dua miliar lebih di seluruh belahan dunia geram. Diketahui aplikasi yang identik dengan warna hijau ini memang cukup populer di sebagian negara.

Lantas negara mana saja yang sangat terdampak dengan masalah yang dialami WhatsApp kemarin malam. Dihimpun dari affde.com, setidaknya ada 10 negara teratas yang menggunakan aplikasi ini.

Urutan pertama ditempati oleh India dengan pengguna sebanyak 390,1 juta jiwa, kemudian urutan kedua ada Brazil dengan 108,4 juta pengguna, disusul Amerika Serikat dengan 75,1 juta pengguna dan Indonesia urutan keempat dengan 68,8 juta pengguna.

Baca juga: Mengancam Privasi, Apa Itu WhatsApp GB? Ini Penjelasan dan Risikonya

Rusia menempati urutan kelima dengan 64,7 juta pengguna, selanjutnya keenam Meksiko dengan 62,3 juta pengguna, urutan ketujuh ada Jerman 48,3 juta pengguna, diikuti Italia di posisi kedelapan 35,5 juta pengguna, Spanyol 33,0 juta pengguna dan urutan kesepuluh Inggris dengan 30,1 juta pengguna aktif WhatsApp.

Diketahui kejadian ini juga terjadi pada aplikasi milik Facebook lainnya yakni, Instagram dan Facebook itu sendiri. Pihak Facebook belum membagikan informasi resmi penyebab tumbangnya semua aplikasi atau layanan mereka.

Namun, dikutip dari Wired, ahli keamanan siber perusahaan Bad Packet Troy Mursch mengklaim jika permasalahan terjadi pada DNS (sistem yang menghubungkan uniform resource locator dengan internet protocol address) sehingga situs dan aplikasi tidak bisa diakses atau berfungsi meskipun masih tersedia akses internet.



(NAI)