PT KAI dan Unhas Kembangkan Transportasi Kereta Api di Sulsel

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo dan Rektor Unhas Prof JJ pada berfoto bersama usai penandatanganan MoU pengembangan kereta api Sulsel.ANTARA/HO-Unhas Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo dan Rektor Unhas Prof JJ pada berfoto bersama usai penandatanganan MoU pengembangan kereta api Sulsel.ANTARA/HO-Unhas
Makassar: PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerjasama dalam bidang penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, serta pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia.Kerja sama tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan transportasi kereta api di Sulawesi Selatan.

"Banyak hal yang harus kita persiapkan bersama untuk mewujudkan impian masyarakat Sulsel menikmati fasilitas kereta api sebagai alternatif moda transportasi yang aman dan nyaman,” kata Rektor Unhas Prof JJ dilansir dari Antara,Sabtu, 4 Juni 2022.

Dirinya menambahkan kehadiran pembangunan KA trans-Sulawesi menjadi bagian dari topik dan isu penting bagi perubahan sosial dan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah. Selain itu kehadiran kereta api dapat menjadi alternatif transportasi masyarakat Sulsel tentunya akan menjadi kebutuhan berbagai kegiatan sosial.

"Untuk itu Unhas merasa perlu memperkuat bidang ini melalui program studi penunjang khusus terkait hingga perkeretaapian,” kata Prof JJ.

Sementara itu Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo kerjasama tersebut merupakan kajian dan semua evaluasi yang diperlukan untuk memastikan kereta api dapat terus beroperasi baik dari sisi penumpang maupun barang.

“Kami berharap kajian atau kajian yang akan dilakukan ini dapat segera dilaksanakan dan tim gabungan dapat fokus mengimplementasikan langkah-langkah strategis yang diperlukan dalam rangka persiapan operasional perkeretaapian di Sulsel," ujar Didiek.

(UWA)

Berita Lainnya