Sepatu Bikin Kaki Lecet? Simak Cara Mengobatinya!

(Jika sepatumu menyebabkan lecet, segera berhenti memakainya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) (Jika sepatumu menyebabkan lecet, segera berhenti memakainya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Kebanyakan wanita cenderung memilih gaya daripada kenyamanan. Hal itu termasuk ketika membeli sepatu. Melihat tampilan sepatu yang cantik, kerap membuat tidak sedikit wanita mengabaikan kenyamanannya. Padahal, sepatu yang nyaman bisa membuat lebih leluasa ketika bergerak dan memudahkan dalam melakukan berbagai kegiatan.

Kaki lecet, luka, sampai berdarah adalah beberapa dampak dari pemakaian sepatu yang tak nyaman. Jika sudah seperti itu, biasanya muncul rasa perih sehingga lebih memilih untuk menggunakan sandal atau bahkan tidak memakai alas kaki.

Dokter spesialis kulit dan kesehatan, Dr Kiran Sethi mengatakan ada tujuh cara mengobati kaki yang lecet akibat sepatu yang tak nyaman, antara lain:

1. Oleskan salep antibiotik

Menjaga area yang terkena infeksi tetap terbuka hanya akan menjadi tempat berkembang biaknya lebih banyak kuman dan bakteri. Dr Sethi merekomendasikan untuk mengoleskan salep antibiotic dua kali sehari pada luka guna mengobati dan menghindari infeksi.

2. Jangan disentuh!

Beberapa orang mempunyai kebiasaan ngeri untuk menusuk lepuh berulang kali. Dr Sethi menyampaikan hal tersebut bisa memperburuk infeksi.

“Anda harus membiarkan lepuh pecah dengan sendirinya,” ujarnya, dilansir dari Gaya.id, Senin, 31 Oktober 2022.

3. Es batu

Jika kaki lecet, bisa dengan membungkus beberapa es batu dengan kain bersih dan membiarkannya menempel di bekas lecet. Gunanya untuk meredakan lecet secara instan. Obat ini juga bagus untuk meredakan pembengkakan.

4. Pasta gigi

Pasta gigi yang biasa digunakan sehari-hari untuk menyikat gigi bisa melakukan keajaiban untuk lecet karena sepatu. Ambil sedikit pasta dan oleskan ke area yang terkena infeksi. Diamkan beberapa saat, kemudian bersihkan dengan kain lembabp. Lalu, bisa mengoleskan jeli vaselin guna melindungi area itu. Ini adalah salah satu cara mengobati lecet sepatu yang paling sering digunakan.

5. Beri bantalan

Dr Sethi memberikan saran supaya kasih bantalan empuk pada bagian belakang sepatu guna kemudahan dan kenyamanan ekstra. Serta, menghindari lecet pada kemudian hari.

6. Pakai sandal

Ketika kaki sudah terlanjur lecet, biarkan area itu terbuka dan pilihlah untuk memakai sepasang sandal nyaman yang memberikan ruang yang cukup bagi kaki untuk bernapas. Gunakan sepasang sandal yang longgar supaya tak terjadi iritasi lebih lanjut di area tersebut.

7. Ganti sepatumu

Tak perlu dipikirkan lagi, saat kaki sudah lecet karena sepatu artinya perlu mengganti sepatu tersebut dengan yang lebih nyaman. Ingatlah bahwa sepatu yang pas dan nyaman itu sangat penting.

“Jika sepatu Anda menyebabkan lecet, Anda harus berhenti memakainya. Dapatkan sepatu yang pas dan nyaman,” kata Dr Sethi.



(SUR)

Berita Lainnya