Begini Cara Aktifkan Fitur NFC di Android

Ilustrasi-smartphone yang sedang memindai menggunakan fitur NFC. Foto: Pexels Ilustrasi-smartphone yang sedang memindai menggunakan fitur NFC. Foto: Pexels

Apakareba: Near Field Communication (NFC) adalah teknologi yang tersedia pada beberapa ponsel pintar. NFC ini biasanya berfungsi untuk cek saldo atau top up e-money.

Bagaimana NFC bekerja?

NFC bekerja dengan cara mengirimkan sinyal radio dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui antena NFC yang terpasang pada perangkat Anda. Biasanya ponsel yang menyediakan fitur NFC ada di kelas menengah (mid range).

Cara aktifkan NFC di Android

Melansir berbagai sumber, berikut langkah-langkah mengaktifkan NFC di android.

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Android.
  2. Cari opsi "Koneksi" atau "NFC dan pembayaran".
  3. Aktifkan fitur NFC dengan menggeser tombol akses ke mode on.

Perlu diketahui, di beberapa ponsel Android, opsi NFC mungkin terletak di bagian lain, seperti pada opsi "Lainnya" atau "Pengaturan Tambahan". Jika Anda tidak menemukan opsi NFC pada ponsel Anda, Anda dapat mencari opsi tersebut menggunakan fitur pencarian di bagian pengaturan.

Setelah fitur NFC diaktifkan, Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk berbagai fungsi, seperti pembayaran nirkabel, transfer data, dan lain-lain. Namun, Anda perlu memastikan bahwa perangkat yang digunakan sudah mendukung fitur NFC.



(FPR)