Kenali 3 Bahaya Sleep Call, Tren yang Digemari Pasangan LDR

Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com

Apakareba.id: Tren sleep call kian naik daun. Khususnya di kalangan pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR). Nyatanya, sleep call cukup berbahaya, lho!

Sleep call adalah kegiatan menelpon atau melakukan panggilan video (video call) bersama pasangan hingga keduanya tertidur pada malam hari. Kegiatan ini membuat panggilan telepon menyala sepanjang malam. 

Tentu ada berbagai bahaya dari tidur dekat dengan ponsel menyala. Dirangkum dari Hellosehat, berikut 3 hal yang harus diwaspadai:

 

1. Menurunkan kualitas tidur

Pancaran sinar biru dari layar ponsel berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sinar ini memiliki panjang gelombang serupa dengan cahaya pada siang hari. Oleh karena itu, dapat menghambat produksi melatonin atau hormon tidur.

Menurunnya kadar melatonin tersebut lantas menyebabkan Anda sulit tidur. Kualitas tidur pun akan berangsur-angsur menurun. 

 

Baca: Tak Kunjung Dapat Pasangan? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya

 

2. Berpotensi memicu kanker 

Menurut International Agency for Research on Cancer (IARC) dalam laman WHO, ponsel menghasilkan medan elektromagnetik yang berpotensi menjadi zat pemicu kanker (karsinogen) bagi tubuh manusia. Terutama kanker di kepala. 

Tidak melakukan sleep call dan menghindari tidur dekat ponsel tentu bisa membantu mengurangi risiko penyakit mematikan ini. 

 

3. Meningkatkan risiko kebakaran

Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, sleep call juga dapat meningkatkan risiko kebakaran. Hal ini karena tak jarang orang melakukan sleep call sambil mengisi daya ponsel di dekat tempat tidur.

Ponsel yang digunakan sambil diisi dayanya akan lebih cepat panas. Suhu ponsel akan semakin tinggi karena bantal, selimut, atau kasur dapat dengan mudah menyerap panas. Kondisi ini memungkinkan ponsel meledak dan memicu kebakaran.



(SUR)

Berita Lainnya