Sudah 70,4 Persen, Disparpora Bulukumba Optimis Mencapai Target PAD 2022

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba H Muhammad Daud. Antara/SurianiĀ Mappong Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba H Muhammad Daud. Antara/SurianiĀ Mappong

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, optimistis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2022 dapat tercapai. Target PAD 2022 sebesar Rp 8 miliar.

“Insyaallah target itu dapat tercapai di akhir tahun dengan melihat realisasi PAD saat ini sudah Rp 5,6 miliar atau sekitar 70,4 persen,” kata Kadisparpora Bulukumba, Muhammad Daud Kahal, dikutip dari Antara, Minggu, 18 September 2022.

Ia berpendapat capaian PAD jangan melihat hanya dari capaian-capaian angka. Tetapi, yang lebih penting ialah seberapa besar pengaruh sektor pariwisata terhadap perkembangan ekonomi masyarakat Bulukumba.

Sebagai gambaran, angka kunjungan wisatawan dari Januari sampai akhir Agustus 2022 tercatat sekitar 398 ribu kunjungan dari target 500 ribu kunjungan 2022.

“Pengunjung itu akan mengisi hotel yang ada di Tanjung Bira, makan di restoran, menggunakan jasa transportasi, membeli produk UMKM, menikmati hiburan dan seni yang semuanya itu memberikan multiplier effect yang sangat besar pada perekonomian masyarakat,” ujar Daud.

Ketika masa cuti dan libur panjang, terdapat sekitar 86 ribu kunjungan dan uang yang beredar menurut estimasi sekitar Rp 30 miliar. Tentunya, hal tersebut memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat Bulukumba. 

Maka dari itu, dengan 400 ribu kunjungan dapat dibayangkan jumlah uang yang beredar di Bulukumba banyak sekali dan bisa membantu menyejahterakan masyarakat di bumi “Panrita lopi” ini.



(SUR)