Simak, Tips Menjaga Kesehatan Kulit saat Berolahraga

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Olahraga merupakan aktivitas yang baik dilakukan rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun tak hanya soal kesehatan tubuh, olahraga ternyata dapat menunjang kesehatan kulit.

Jika Anda teratur berolahraga, regenerasi sel kulit jadi lebih cepat sehingga dapat memperlambat proses penuaan dini. Olahraga juga bisa memperlancar aliran oksigen yang mengangkut nutrisi untuk kulit. Sehingga, wajah lebih merona karena aliran darah yang lebih lancar.

Namun, ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan saat berolahraga agar kulit justru rusak. Dilansir dari Gaya.id, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan, yakni: 
 
1. Wajib pakai sunscreen

Pastikan kamu menggunakan sunscreen 15 menit sebelum berolahraga. Baik olahraga di dalam maupun di luar ruangan, sunscreen sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berasal dari matahari atau cahaya bohlam lampu. 

Pasalnya, sel-sel tubuh termasuk sel kulit dapat mengalami kerusakan jika terus menerus terpapar radiasi sinar UV. 

2. Olahraga di waktu yang tepat

Agar kamu mendapatkan dua manfaat sekaligus, maka pastikan memilih waktu yang tepat saat berolahraga. Misalnya, jika kamu suka berenang, bersepeda, jogging, atau jalan cepat disarankan memilih waktu di pagi hari antara jam 8 atau 9 dan sore hari antara jam 4 sampai 6. 

Perlu diketahui, di pagi hari tepatnya sebelum jam 9 pancaran sinar matahari masih ramah di kulit. Pada waktu itu juga sinar matahari mengandung banyak vitamin D yang baik untuk tulang dan kulit. 

3. Selalu terhidrasi

Berolahraga tentu akan membuatmu merasa haus karena tubuh banyak mengeluarkan keringat. Oleh karena itu, pastikan selalu terhidrasi dengan mengonsumsi banyak air putih di sela-sela berolahraga. Serta, konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air ya. 

4. Mandi setelah berolahraga

Selain menimbulkan rasa haus, keringat yang keluar saat berolahraga juga dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. Maka, pastikan kamu selalu mandi setelah berolahraga untuk membuat kulit tetap bersih, segar, dan terhindar dari kuman. 

Setelah itu, pastikan kamu menggunakan body lotion juga ya agar kulitmu tetap lembap dan sehat. 



(RAI)

Berita Lainnya