Ayo Daftar! Pemprov Sulsel Siapkan 160 Kursi Mudik Gratis untuk Mahasiswa UIN Alauddin Makassar

Puluhan mahasiswa UIN Alauddin memanfaatkan Program Mudik Gratis Pemprov Sulsel. Foto: ANTARA Puluhan mahasiswa UIN Alauddin memanfaatkan Program Mudik Gratis Pemprov Sulsel. Foto: ANTARA

Makassar: Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Dema U) UIN Alauddin Makassar yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang ingin memanfaatkan program Mudik Gratis 2023. 

Ketua Dema-U UIN Alauddin Makassar, Jumardi, mengatakan UIN Alauddin Makassar mendapat jatah 160 kursi mudik gratis untuk sembilan rute.

“Mudik gratis ini kerja sama dengan Dinas Perhubungan yang merupakan program dari Gubernur Sulsel. UIN sendiri dapat jatah 160 kursi,” kata Jumardi, dikutip dari Antaranews, Selasa, 18 April 2023.

Ia juga menjelaskan, rute yang disediakan adalah Makassar-Bulukumba, Sinjai (melalui Camba), Makassar Pare Pare-Sidrap.

"Untuk rute Makassar ke Bulukumba, Sinjai (Via Camba), dan Pare Pare - Sidrap sudah berangkat Senin pagi start dari Kantor perum Damri Jalan Perintis Kemerdekaan," jelasnya.

Pemberangkatan kedua yang diberangkatkan dari Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan akan dilaksanakan pada Kamis, 20 April 2023.

"Rutenya untuk pemberangkatan kedua, yakni Makassar-Palopo, Makassar ke Masamba-Malili, Makassar ke Pinrang-Enrekang, Makassar ke Bone (Via Camba), Makassar ke Sengkang (Via Buludua), Makassar ke Soppeng (Via Buludua)," jelasnya.

Jumardi menyampaikan bahwa hanya yang berstatus Mahasiswa UIN Alauddin Makassar saja yang bisa program itu.

“Tidak ada persyaratan khusus, yang jelas mahasiswa UIN, dan begitu konsepnya siapa yang cepat mendaftar sampai kuotanya terpenuhi itu yang diambil,” ucapnya.

Bagi mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang ingin mengikuti program itu, bisa langsung mendaftar menghubungi kontak panitia dengan nomor 089676512750. Pendaftaran juga dilakukan lewat content management system yang dimiliki UIN Alauddin.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, untuk program mudik gratis tahun ini akan memprioritaskan pelajar. 

“Kita subsidi kendaraannya. Kita prioritaskan mungkin pelajar/mahasiswa yang mau balik, kita siapkan armadanya seperti tahun lalu,” katanya.



(SUR)