Wajib Tahu! Ini 4 Cara Memilih Sunscreen untuk Pemilik Kulit Gelap

Ilustrasi sunscreen. Foto: Freepik Ilustrasi sunscreen. Foto: Freepik

Jakarta: Penggunaan sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk skincare yang tak boleh dilewatkan. Sebab, sunscreen dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Namun, untuk pemilik kulit gelap, memilih sunscreen kerap bisa menjadi masalah sendiri. Tekstur sunscreen yang tebal bisa meninggalkan warna keputihan di kulit gelap. Sehingga, membuat kulit terlihat tidak natural.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Dirangkum dari Medcom.id, berikut cara memilih sunscreen yang tepat untuk pemilik kulit gelap:

1. Pilih jenis chemical sunscreen

Ada dua jenis sunscreen yaitu mineral dan chemical. Sunscreen mineral menggunakan zinc, titanium, atau oksida besi untuk membuat penghalang fisik yang menghalangi sinar matahari.

Sedangkan, mineral sunscreen, menurut Woolery-Lloyd baik untuk kulit sensitif, tetapi jenis tersebut cenderung meninggalkan bekas putih yang sangat terlihat.

"Untuk jenis kulit yang lebih gelap, chemical sunscreen secara kosmetik elegan karena bening dan tidak meninggalkan apa pun," kata dia.

2. Pilih tinted sunscreen

Jika, kamu tidak bisa menghindari penggunaan mineral sunscreen, dr Valerie Harvey, seorang ahli dermatologi di Newport News menyarankan untuk penggunaan tinted sunscreen karena bisa melindungi kulit dari tampilan keabu-abuan setelah menggunakan sunscreen.

Baca: Agar Tak Jadi Korban, Kenali Ciri-ciri Catfishing dan Cara Menghadapinya

3. Pilih yang mengandung SPF 30

Menurut Woolery-Lloyd, usahakan memilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 untuk melindungi wajah dan kulitmu. “Sunscreen yang paling baik untuk Anda, selain kandungan SPF di dalamnya adalah yang cocok dengan kulit Anda dan tidak menimbulkan keluhan apa pun,” ujar Woolery-Lloyd.

4. Selalu gunakan pelembap

Dokter kulit, dr Heather Woolery-Lloyd, direktur University of Miami’s Skin of Color Division mengatakan bahwa penting sekali untuk mengaplikasikan pelembap sebelum sunscreen untuk mengurangi risiko kulit kering yang bisa menyebabkan tampilan wajah menjadi keabu-abuan. Jika kulitmu kering, kemungkinan untuk kulit menjadi keabu-abuan lebih tinggi.



(UWA)

Berita Lainnya