Hati-hati, Ini 5 Tanda Make Up Sudah Kedaluwarsa!

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Kaum perempuan memang tidak pernah jauh dari make-up. Bahkan, perempuan dapat mengoleksi berbagai macam make-up dengan jumlah banyak dan kadang membuat tidak semua barang yang dimiliki terpakai.

Tapi, pengguna make-up harus tahu kalau make up yang dipakai itu ada kedaluwarsanya. Apabila koleksi banyak make-up dan menyimpannya terlalu lama, coba cek sekarang apakah sudah melewati masa kedaluwarsa atau belum.

Produk make-up kedaluwarsa bisa menyebabkan penyakit kulit ataupun bagian lainnya, seperti mata pada maskara yang kedaluwarsa. Oleh karena itu, wajib untuk mengetahui sampai berapa lama dapat menggunakan make-up itu melalui tanggal kedaluwarsa pada bagian bawah atau samping produk.

Tetapi, apabila tanggal kedaluwarsa hilang pada produk, bisa mengenali ciri-ciri make-up yang sudah tidak layak pakai lagi. Dilansir dari Gaya.id, Rabu, 28 September 2022, berikut tipsnya:

1. Bau tidak sedap

Biasanya make-up akan tahan di waktu 1 tahun saja. Ketika melewati waktu tersebut, akan menimbulkan aroma yang berbeda dari awal saat membeli make-up.

Aroma tidak sedap itu memang biasa terjadi saat make-up mengalami kedaluwarsa. Baunya cukup menyengat sangat berbeda dari bau make-up pada umumnya. Apabila make-up mempunyai bau aneh nan tidak sedap, segeralah buang sebab dipastikan sudah kedaluwarsa.

2. Lengket ketika digunakan

Apabila kamu salah satu penggemar produk lipstik yang berbahan air, dapat identifikasi dari bentuk cairannya ketika dipakai.

Produk untuk bibir seperti lip gloss atau lip cream akan menjadi lebih lengket yang tak nyaman ketika digunakan. Hati-hati dengan make-up seperti itu.

3. Warna berubah

Apabila menggunakan produk make-up cair seperti cream blush dan foundation, bisa dengan melihat warna produk akan berubah ketika kedaluwarsa.

Sementara itu, bisa juga temukan pada produk padat seperti eyeshadow, warnanya akan berubah jadi lebih gelap. Apabila merasa warna-warna produk make-up berubah, segera buang dan ganti dengan yang baru.

4. Menggumpal atau mengeras

Produk make-up yang memasuki masa kedaluwarsa biasanya akan mengalami perubahan bentuk seperti menggumpal atau mengeras. Hal itu bisa diidentifikasi sendiri apakah make-up sudah memasuki masa kedaluwarsa atau belum.

Produk seperti eyeliner dan maskara akan menggumpal di bagian kuas dan mengeras di bagian. Padahal, merasa jarang menggunakannya. Dengan itu, bisa memastikan bahwa produk itu sudah memasuki kedaluwarsa.

5. Timbul iritasi

Apabila memiliki kulit sensitif, biasanya lebih mudah untuk terkena iritasi. Jika make-up bisa membuat kulitmu iritasi, jangan digunakan lagi. Karena itu dipastikan produknya sudah kedaluwarsa.

Jika tak dapat menemukan tanggal kedaluwarsa pada produk make-up, tandanya mulai sekarang harus menyimpan box dari produk itu atau mencatat ke dalam sebuah catatan kecil. Hal tersebut dapat membantu mengetahui kapan produk itu kedaluwarsa.

 

BACA: Wajib Coba! Ini Trik Make Up untuk Wanita Berkacamata



(SUR)