Enam Cara Atasi Radang Kulit Menurut Ahli

Kulit gatal. Foto: Hellosehat Kulit gatal. Foto: Hellosehat

Peradangan menjadi salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh kebanyakan orang. Hal ini merupakan respons lokal oleh sistem kekebalan tubuh untuk melindungi dari rangsangan berbahaya, seperti cedera, infeksi, atau iritasi.

Beberapa gejala peradangan pada kulit antara lain kemerahan, bengkak, hangat, dan nyeri di area yang terkena. Kondisi kulit yang meradang pun mulai dari reaksi ringan dan sementara seperti sengatan matahari atau gigitan serangga, hingga kondisi kronis seperti eksem, psoriasis, atau dermatitis.

Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, antara lain reaksi imun, respons alergi, infeksi mikroba, atau iritasi fisik. Melansir dari Medcom, ada tips umum yang dapat membantumu mengelola dan mengurangi peradangan kulit dari Dr Mandeep Singh, HOD-Plastic Surgery, Paras Health, Gurugram, untuk memahami cara mengatasi peradangan kulit, di antaranya:

Identifikasi dan hindari pemicu

Jika mengetahui pemicu peradangan pada kulitmu, cobalah untuk menahan diri atau meminimalkan paparan terhadap pemicu tersebut. Pemicu umum termasuk produk perawatan kulit tertentu, alergen, bahan kimia keras, dan faktor lingkungan seperti panas atau dingin.

Lakukan perawatan kulit yang lembut

Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit lembut yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif atau meradang. Hindari penggunaan sabun keras, exfoliant, atau scrub yang dapat mengiritasi kulit lebih lanjut. Juga, pilih produk bebas pewangi dan hipoalergenik jika memungkinkan.

Jaga kelembapan kulit

Kulit kering dapat memperburuk peradangan, jadi penting untuk menjaga kelembapan kulit. Gunakan pelembap yang lembut dan menghidrasi yang cocok untuk jenis kulitmu sehingga membantu menenangkan dan melindungi kulit.

Hindari menggaruk atau menggosok kulit

Perlu kamu ketahui, segala bentuk tindakan menggaruk atau menggosok pada kulit yang meradang dapat semakin memperburuk kondisi kulit sehingga menyebabkan lebih banyak peradangan. Cobalah untuk tidak menggaruk atau menggosok area yang terkena dan menggantinya dengan tepuk atau ketuk kulit dengan lembut jika perlu.

Kompres dingin

Hal ini bisa membantu mengurangi peradangan dan menenangkan kulit. Gunakan kain bersih yang dibasahi air dingin atau kantong teh chamomile dingin. Lalu, oleskan dengan lembut ke area yang terkena selama beberapa menit untuk menghilangkan peradangan.

Hindari alergen

Jika kamu memiliki alergi terhadap zat tertentu, seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan, atau makanan tertentu, usahakan untuk menghindarinya. Sebisa mungkin cegah pemicu peradangan kulit.

Ingat, carilah nasihat medis profesional jika peradangan kulit terus berlanjut atau memburuk. Hal itu karena mereka dapat mendiagnosis penyebab peradangan dan memberikan pilihan pengobatan yang tepat yang disesuaikan dengan kondisi spesifikmu.



(SUR)